PT Pelindo terus benahi pelabuhan Boom Baru Palembang

id pt pelindo, pelabuhan indonesia cabanga palembang, pelindo palembang, pembenahan pelanuhan, boom baru, pelabuhan boom baru, bongkar muat

PT Pelindo terus benahi pelabuhan Boom Baru Palembang

Ilustrasi - Peralatan bongkar muat di Pelabuhan Boom Baru Palembang yang baru didatangkan dari Tiongkok. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/12)

...Selain melakukan pembenahan, untuk tetap menjaga pelabuhan tersebut berfungsi secara maksimal, pihaknya siap mendukung kegiatan pengerukan Sungai Musi...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Perseroan Terbatas Pelabuhan Indonesia II Cabang Palembang terus beupaya membenahi pelabuhan Boom Baru agar tetap berfungsi secara maksimal melakukan pelayanan bongkar muat barang dari dalam maupun luar negeri.

"Pelabuhan Boom Baru Palembang beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan aktivitas bongkar muat, jika tidak diimbangi dengan pembenahan dapat menghambat arus barang yang masuk dan keluar dari wilayah Provinsi Sumatera Selatan," kata Advisor Humas, Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PT Pelindo II Cabang kota setempat Fransiska Riana S di Palembang, Senin.

Menurut dia, untuk membenahi pelabuhan yang beroperasional di Sungai Musi itu, sekarang ini sedang disiapkan beberapa proyek lanjutan seperti perluasan dermaga, penataan dan relokasi perkantoran di areal pelabuhan, pembangunan pergudangan baru, dan pergantian peralatan bongkar muat.

Kegiatan perluasan dermaga dan pembangunan pergudangan baru secara bertahap telah berjalan dengan baik karena beberapa perkantoran milik mitra PT Pelindo yang ada di dalam areal pelabuhan telah berhasil direlokasi.

Beberapa gedung perkantoran yang telah direlokasi dan dihancurkan seperti kantor BNI 46 cabang pelabuhan Boom Baru, kantor polisi pelabuhan, dan gedung eks perkantoran mitra kerja pelabuhan lainnya.

Sekarang ini, masih ada satu kantor yang sedang diupayakan relokasi yakni milik Pangkalan TNI Angkatan Laut Palembang.

Secara teknis sudah ada kesepakatan untuk merelokasi Pangkalan TNI AL itu, diharapkan dalam waktu dekat bisa direalisasikan sehingga areal pelabuhan dapat semakin luas dan mampu mengimbangi arus barang peti kemas dan non-peti kemas yang terus mengalami peningkatan, katanya.

Dia menjelaskan, kegiatan relokasi gedung perkantoran yang telah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir itu, berjalan dengan baik karena sesuai perjanjian masing-masing mitra bersedia pindah atau keluar area pelabuhan kapanpun PT Pelindo membutuhkan lahan untuk pengembangan usaha.

Melalui pembenahan tersebut, diharapkan pelabuhan Boom Baru bisa tetap diandalkan masyarakat Sumsel sebagai pintu gerbang keluarnya hasil bumi mereka dan masuknya berbagai barang kebutuhan hidup sehari-hari.

Selain melakukan pembenahan, untuk tetap menjaga pelabuhan tersebut berfungsi secara maksimal, pihaknya siap mendukung kegiatan pengerukan Sungai Musi yang sedang dibahas sekarang ini dan berpartisipasi memelihara alur pelayaran agar tidak cepat mengalami pendangkalan, kata Fransiska.