Sriwijaya FC izinkan Tantan perkuat timnas

id sfc, direktur teknik sfc, hendri zainudin, tantan, timnas

Sriwijaya FC izinkan Tantan perkuat timnas

Direktur Teknik Sriwijaya FC Hendri Zainudin (kanan). (Foto Antarasumsel.com/13/Dolly/I016)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Sriwijaya Football Club mengizinkan penyerangnya Tantan mengikuti Pemusatan Latihan Tim Nasional Pra Piala Asia 2015 menyusul kesepakatan PT Liga Indonesia dengan pihak terkait beberapa
waktu lalu.

"Manajemen Sriwijaya FC mengizinkan Tantan bergabung dengan Tim Nasional karena lampu hijau telah diberikan PT Liga Indonesia (PT LI) sebagai penyelenggara kompetisi Liga Super Indonesia," kata Direktur Teknik
PT Sriwijaya Optimis Mandiri Hendri Zainuddin di Palembang, Senin.

Ia melanjutkan, meski pihaknya belum mendapatkan rekomendasi resmi dari PT LI namun langkah maju yang diambil dipandang tidak akan menyalahi aturan dan komitmen para peserta LSI.

Apalagi, kesepakatan antara PT LI dengan pihak terkait yakni Kemenpora dan Badan Olahraga Profesional, Jumat (4/1), telah dilansir secara terbuka ke masyarakat.

PT LI bersedia mengikuti tiga persyaratan yakni komitmen mewujudkan pembentukan satu timnas yang kuat untuk menghadapi single event, seperti Piala Asia) maupun multi event (seperti SEA Games).

Kemudian, manajemen IPL, LSI, maupun manajemen klub yang berkompetisi harus menyelesaikan kewajibannya berupa pelunasan pembayaran gaji atlet dan pelatih yang menjadi tanggungannya pada kompetisi lalu maupun kompetisi yang akan datang.

Serta, penyelenggaraan kompetisi IPL maupun ISL harus dilaksanakan dalam kerangka penyatuan kembali liga sepak bola Indonesia.

"Memang belum ada pembicaraan dengan PT LI mengenai pengiriman Tantan ini, demikian pula sebaliknya. Tapi, manajemen klub merasa tidak ada yang mesti dikhawatirkan lagi karena saat meminta izin dengan pihak kepolisian
mengenai ," ujarnya.

Ketika ditanya kapan penyerang anyar "Laskar Wong Kito" bergabung dalam skuat nasional itu, menurutnya manajemen klub akan memberikan izin setelah memperkuat tim melawan Barito Putra di Palembang, Jumat (11/1).

"Tim masih membutuhkan Tantan lawan Barito nanti, apalagi izin tinggal Erick Weeks (penyerang asing, red) masih dalam proses," ujarnya.

Manajemen tim asal Sumsel itu sempat menyatakan tidak akan mengizinkan pemain memperkuat tim nasional, sebagaimana yang dilakukan klub-klub lain yang berada dibawah naungan kompetisi Liga Super Indonesia.

Sementara, sejumlah pemain yang dipanggil memperkuat Tim Nasional oleh PSSI telah berkumpul di Medan sejak kemarin (6/1) untuk menjalani pemusatan latihan persiapan Pra Piala Asia 2015 dibawah asuhan Nil Maizar. (Dolly)