Olahraga Pentaque disosialisasikan di Kodam Sriwijaya

id olahraga pentaque, sosialisasi, kodam

Palembang (ANTARA sumsel) - Olahraga Pentaque yang pertama dipertandingkan pada SEA Games ke-26 di Palembang, November 2011 mulai disosialisasikan dalam jajaran prajurit Komando Daerah Militer II/Sriwijaya.

Sosialisasi itu dilaksanakan Sekretaris Jenderal Federasi Olahraga Pentaque Indonesia, Nano Suratman di Palembang, Selasa.

Dikemukakannya, Pentaque merupakan cabang olahraga baru dan pertama dipertandingkan pada SEA Games ke-26 di Palembang lalu, sehingga keberadaannya perlu disosialisasikan agar digemari masyarakat luas.

Pentaque atau dalam bahasa Prancis, Pentaue (Petak) sebuah permainan dimana tujuannya tetap berdiri di dalam lingkaran ketika melempar bola besi.

Menurut dia, olahraga ini bisa dimainkan di tanah luas atau berbatu, tetapi juga dapat di rerumputan, pasir serta permukaan lainnya.

Mengenai keberadaan cabang olahraga tersebut, menurut Nano Suratman, klub Pentaque sudah berkembang menyebar di Asia Tenggara antara lain Thailand, Vietnam, Kamboja bahkan sampai ke Indonesia.

Ini terbukti pada pesta akbar SEA Games tahun 2011 di Palembang, Indonesia ikut serta dalam pertandingan Pentaque asia Tenggara tersebut bahkan dua orang atlet berasal dari Jasdam II/Sriwijaya.

Menurut dia, dua orang peserta Pentaque berasal dari Kodam itu yakni seorang pelatih nasional Serka Feri Erza Putra dan satu pemain nasional Serda Pangga.

Oleh karena itu, melalui sosialisasi ini diharapkan prajurit dalam jajaran Kodam II/Sriwijaya semakin menggemari olahraga tersebut, katanya.(ANT-U005)