Muba siap bangun kilang mini elpiji

id kilang, minyak, kilang minyak elpiji musi banyuasin

Muba siap bangun kilang mini elpiji

Ilustrasi. (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Muba, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, tengah melakukan persiapan pembangunan kilang mini elpiji untuk menunjang program pelayanan gas kota di Sekayu, ibu kota kabupaten itu.

"Pembangunan kilang mini yang menghasilkan 17 ton elpiji itu rencananya diawali dengan peletakan batu pertama pada April 2014," Kepala Dinas Pertambangan dan Pengembangan Energi Kabupaten Musi Banyausin (Muba) Zulfakar di Sekayu, Selasa.

Menurut dia, pembangunan kilang mini gas elpiji di Desa Lumpatan, Kecamatan Sekayu itu, yang telah melalui proses uji kelayakan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu diharapkan dapat terlaksana dengan baik.  

Pembangunan kilang mini elpiji dengan dukungan dana Kementerian ESDM sekitar Rp100 miliar itu, sekarang ini dalam proses relayasa serta kontsruksi dan jika pelaksanaan pembangunannya berjalan sesuai tahapan ditargetkan beroperasi pada Desember 2014.

Dengan kilang mini itu, nantinya rencana Kabupaten Musi Banyuasin untuk mengembangkan gas kota atau "city gas" dapat diwujudkan karena tersedia sumber pasokan gas yang dapat memenuhi kebutuhan bahan bakar rumah tangga dan industri kecil di Kota Sekayu dan sekitarnya, katanya.

Dia menjelaskan, pembangunan kilang mini untuk menunjang program gas kota itu, jika bisa teralisasi dengan baik akan menjadi "pilot project" di provinsi yang memiliki penduduk sekitar 8,6 juta jiwa karena proyek serupa belum pernah ada.

Proyek percontohan pembangunan kilang mini elpiji di Kabupaten Muba, diharapkan dapat mendorong badan usaha dan pemerintah daerah yang memiliki sumber daya gas bumi dalam jumlah kecil, membangun kilang mini elpiji untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Selain pembangunan kilang mini, Pemkab Muba juga sekarang ini sadang mengusulkan kepada Kementerian ESDM untuk pembangunan jaringan gas kota untuk memanfaatkan kandungan gas yang melimpah di Bumi Serasan Sekate itu, ujar Zulfakar.