Palembang (ANTARA Sumsel) - Calon kepala daerah sebelum ikut pemilihan kepala daerah harus siap mental, sebab yang menang hanya satu, kata Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin, di Palembang, Senin.

Alex Noerdin menyampaikan hal itu ketika ditanya mengenai peristiwa yang terjadi di Kota Palopo, Sulawesi Selatan setelah dilakukan proses rekapitulasi penghitungan suara hasil pilkada massa membakar fasilitas pemerintahan pada Minggu (31/3), karena tidak puas dengan hasil pesta demokrasi tersebut.

"Mudah-mudahan tidak terjadi seperti itu di Sumsel," kata Alex yang juga bakal calon gubernur pada pilkada Sumsel mendatang.

Ia mengatakan, dalam setiap kompetesi pasti ada menang dan kalah. Yang kalah kecewa itu pasti, oleh karenanya hal paling penting sebelum ikut pilkada harus siap mental, sebab yang menang hanya satu.

Jadi, kalau empat pasangan calon, yang menang satu, sedangkan tiga kalah dan hal itu harus sudah disadari mulai dari awal, ujar orang nomor satu di lingkungan pemerintah provinsi Sumsel tersebut.

Ia menyatakan, sejak dari awal setiap calon harusnya sudah ikhlas. Maju itu harus ikhlas dan jangan saling menjelekkan dan jangan saling lakukan kampanye hitam.

"Mudah-mudahan tidak terjadi di Sumsel, kalaupun ada gesekan di bawah biasa mana ada yang mulus," paparnya.

Ia menuturkan, selama pelaksanaan pilkada di kabupaten/kota di Sumsel yang telah digelar seperti Kota Lubuklinggau, Pagaralam, Prabumulih dan Kabupaten Muara Enim berjalan aman dan kondisinya kondusif.

Sebagaimana diketahui pada 2013 ini masih ada sejumlah pilkada kabupaten/kota yang akan dilaksanakan di provinsi itu termasuk pilkada Sumsel.

Pilkada Kota Palembang akan dilaksanakan pada 7 April 2013, sedangkan pemilihan gubernur Sumsel akan dilaksanakan serentak dengan pilkada empat kabupaten di provinsi itu yakni Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, dan Ogan Komering Ilir pada 6 Juni 2013.

Editor: Yudi Abdullah
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar