Festival Layangan meriahkan HUT ke-22 Kabupaten Banyuasin

id sumsel, banyuasin

Festival Layangan meriahkan HUT ke-22 Kabupaten Banyuasin

Mewakili Penjabat Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin, HM Yusuf secara Simbolis Membuka Festival Olahraga Layang-layang dalam rangka Peringatan HUT Banyuasin ke 22 Tahun 2024, di Halaman Kantor Bupati Banyuasin, Jumat (26/04/2024). (ANTARA/HO/Diskominfo)

Banyuasin, Sumsel (ANTARA) - Mewakili Penjabat Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam  Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin, HM Yusuf secara Simbolis Membuka Festival Olahraga Layang-layang dalam rangka Peringatan HUT Banyuasin ke 22 Tahun 2024,  di Halaman Kantor Bupati Banyuasin,  Jumat (26/04/2024).

Festival Layang-Layang diadakan dalam rangka HUT Kabupaten Banyuasin yang ke-22 Tahun ditandai dengan penarikan layang-layang pertama oleh Kepala Disporapar HM. Yusuf, dalam sambutannya Layang-Layang ini begitu sangat mewarnai kemeriahan HUT Kabupaten Banyuasin yang ke-22 Tahun dan layang-layang adalah aset yang mampu menggerakan ekonomi kerakyatan pariwisata.

“Hari ini hadir total ada 97 peserta yang ikut pada hari ini ada juga peserta dari sungai lilin. Era sekarang layang-layang dapat dilukis sedemikian rupa, sehingga bernilai ekonomi dan pada akhirnya diharapkan dapat membangkitkan ekonomi kerakyatan.” ujarnya

Sementara itu Azmi mengatakan kegiatan yang digagas oleh KORMI Banyuasin dan DISPORAPAR ini adalah hal yang luar biasa dan dapat meningkatkan pariwisata di kabupaten Banyuasin melalui olahraga-olahraga tradisional.

“Dalam Kegiatan tersebut juga akan di undang Tokoh pemuda dari IKM Banyuasin Sanak Azmi Chandra, ST sebagai anggota Bidang Organisasi, Sanak APRILIAN ANGGA Sebagai ketua Pemuda serta para pencinta dan penggiat Layang- layang,” ujar Azmi.

“Layang-Layang adalah salah satu permainan Tradisional di Indonesia yang sudah hampir hilang tergerus moderenisasi jaman di era digitalisasi ini, dengan hadirnya para pecinta layang-layang yang ada di Banyuasin, kami berharap kedepannya permainan ini bisa terus dilestarikan di Bumi Sedulang Setudung tercinta ini, selain itu melalui permainan layang-layang dapat meningkatkan pariwisata yang ada di Banyuasin,” tambahnya.

Suhaimi  Sekretaris KORMI Kabupaten Banyuasin sangat mengapresiasi para penggiat layang-layang tradisional yang telah berpartisipasi memeriahkan HUT Banyuasin.

“Luar biasa sekali semngat dari rekan-rekan pegiat layang-layang, semoga kedepannya kami dapat membuat event tahunan khusus olahraga tradisional layang-layang di Bumi Sedulang Setudung,” harapnya.