DLH OKU Selatan optimalkan operasional petugas kebersihan selama Ramadhan

id Volume sampah, tempat pembuangan akhir, bulan suci Ramadhan, DLH OKU Selatan

DLH OKU Selatan optimalkan operasional petugas kebersihan selama Ramadhan

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah. (ANTARA/HO/24)

Muaradua (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan mengoptimalkan kinerja petugas kebersihan untuk membersihkan sampah selama bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.

Kepala DLH OKU Selatan, Hermansyah Said, di Muaradua, Kamis, mengatakan bahwa selama bulan suci Ramadhan terjadi peningkatan volume sampah akibat konsumsi masyarakat yang tinggi.

Sampah yang diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pelawi di Kecamatan Buay Rawan mengalami peningkatan hingga mencapai 60 persen dibanding hari-hari biasa.

"Volume sampah meningkat selama bulan puasa. Sebagian besar sampah yang diangkut berasal dari rumah tangga dan kulit kelapa muda," katanya.

Menurut dia, volume sampah yang meningkat menjadi tantangan besar bagi petugas kebersihan yang harus bekerja ekstra dalam menjaga wilayah Kabupaten OKU Selatan agar tetap bersih.

"Para petugas kebersihan terpaksa menambah jam kerja pada malam hari," ungkapnya.

Para pasukan kuning ini pun melakukan pengerukan secara bertahap dengan menggunakan alat berat agar tidak terjadi penumpukan sampah di TPA.

"Volume sampah yang meningkat membuat beban kerja petugas kebersihan, terutama mereka yang mengangkut sampah ke TPA bertambah setiap harinya," kata dia.

Meskipun demikian, tim tetap menjalankan tugas dengan baik sesuai harapan meskipun ada beberapa keluhan terkait keterbatasan operasional dan lainnya.

"Meskipun beban kerja bertambah, namun tim kami tetap bekerja dengan baik untuk memastikan tidak ada tumpukan sampah di sepanjang ruas jalan wilayah Kabupaten OKU Selatan," ujarnya.