Sekda: 109 rumah di Garut terkualifikasi BNPB rusak akibat gempa

id sekda garut,pemkab garut,gempa garut,bencana garut

Sekda: 109 rumah di Garut terkualifikasi BNPB rusak akibat gempa

Sekretaris Daerah Kabupaten Garut Nurdin Yana (kedua kanan) dan Kepala Pelaksana BPBD Garut Aah Anwar Saefuloh (kanan) menggelar rapat koordinasi pembahasan penanganan bencana gempa bumi di Posko Penanganan Darurat Bencana Gempa Bumi, Kantor Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (25/9/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Garut

Garut (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Nurdin Yana menyampaikan dari 1.623 rumah, hanya 109 rumah terkualifikasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang rusak akibat gempa bumi dan akan mendapatkan bantuan perbaikan.

"Dari hasil pendataan awal itu kurang lebih ada 109 sebetulnya yang menjadi kualifikasi sebagaimana yang disyaratkan oleh BNPB," kata Nurdin Yana saat rapat penanganan bencana gempa bumi di Posko Penanganan Darurat Kantor Kecamatan Pasirwangi, Garut, Rabu.

Ia menuturkan rapat yang melibatkan sejumlah instansi terkait, khususnya dari jajaran BPBD Garut membahas tentang hasil verifikasi rumah warga dan fasilitas umum yang terdampak bencana alam gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5.0 pada Rabu (18/9).

Hasil verifikasi di lapangan itu, kata Nurdin, berdasarkan perhitungan BNPB hanya ada 109 rumah warga dengan kategori rusak ringan sebanyak 79 rumah, dan rusak sedang sebanyak 30 rumah.

"Artinya ada 79 yang memang terkategori rusak ringan, dan 30 terkategori rusak sedang, artinya sudah seperti begitu, sehingga kita bisa memprediksi sebetulnya hari ini yang berhak untuk mendapatkan 'supporting' dari kita itu, yaitu sebanyak kurang lebih 109 KK," katanya.