Pemkab Muba gandeng PT PII melalui kerja sama KPBU

id sumsel, infrastruktut, sekayu muba

Pemkab Muba gandeng PT PII melalui kerja sama KPBU

Pemerintah Kabupaten Muba terus mengupayakan berbagai inovasi untuk melakukan mempercepat pembangunan infrastruktur. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Sekayu, Muba (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Muba terus mengupayakan berbagai inovasi untuk melakukan mempercepat pembangunan infrastruktur.

Pemkab Muba melalui Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah Kabupaten Muba berkolaborasi dengan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) menggelar kegiatan ‘Capacity Building’ untuk percepatan pembangunan infrastruktur melalui Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Kegiatan itu berlangsung 1-2 Februari 2024, yang dibuka langsung oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Musni Wijaya, Kamis pekan lalu.

"Penyelenggaraan kegiatan Capacity Building KPBU ini merupakan tindak lanjut dari hasil audiensi pemerintah Kabupaten Muba dengan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) pada tanggal 11 januari 2024 di Jakarta," kata Musni Wijaya.

Sebelumnya Pemkab Muba melakukan kegiatan studi tiru penyelenggaraan KPBU di Kabupaten Lombok Barat pada tanggal 18 januari 2024 dan di Kota Denpasar pada tanggal 1 Januari 2024.

"Tingginya kebutuhan infrastruktur dan keterbatasan sumber daya yang ada di daerah, telah menuntut pemerintah daerah harus mampu berinovasi mencari alternatif pendanaan pembangunan," kata Sekda.

Diharapkan pendanaan pembangunan infrastruktur yang selama ini sepenuhnya menggunakan dana APBD, dapat beralih menggunakan dana non APBD. Salah satu strateginya dengan mengikutsertakan badan usaha swasta dalam pembangunan infrastruktur untuk kepentingan umum melalui skema KPBU.

Musni juga menyebutkan, skema KPBU ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengatasi keterbatasan anggaran (Financing GAP) dalam memenuhi kebutuhan pembiayaan pembangunan infrastruktur di daerah. Namun keberhasilan skema KPBU ini sangat ditentukan oleh kesiapan pemerintah daerah dalam menyelenggarakan KPBU.

Sementara itu Kepala Divisi Guidance & Consultation PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) Pratomo Ismujatmika menyampaikan, bahwa diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman lebih lanjut kepada Pemerintah Daerah di Kabupaten Muba.

Dalam hal ini terkait dengan konsep dasar skema KPBU sebagai alternatif penyediaan infrastruktur di daerah dan potensinya sebagai solusi pembangunan infrastruktur di daerah serta dukungan dan fasilitas yang telah disiapkan Pemerintah pada skema KPBU dan juga Penjaminan Pemerintah.

“Dengan adanya kegiatan ini, kedepannya kami harapkan semakin besar minat Pemerintah Daerah terhadap penerapan skema KPBU dengan memanfaatkan fiscal Tools Kementerian Keuangan yang beberapa telah dimandatkan kepada kami, yaitu Project Development Facility (PDF) dan Penjaminan Pemerintah pada penyediaan infrastruktur khususnya di wilayah Kabupaten Muba,” jelasnya.