Baznas bersama Pemkot Palembang perbaiki 100 rumah warga miskin

id Baznas, bedah rumah, bersama Pemkot, pemkot Palembang, perbaiki rumah, renovasi, warga miskin, peduli

Baznas bersama Pemkot Palembang perbaiki 100  rumah warga miskin

Rumah warga miskin di kawasan permukiman di daerah aliran Sungai Bendung Palembang memerlukan bantuan perbaikan. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palembang bersama pemerintah kota setempat telah melakukan perbaikan atau renovasi 100 rumah warga miskin di Ibu kota Provinsi Sumatera Selatan itu dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Kegiatan yang dikemas melalui Program Bedah Rumah Palembang Peduli itu terus dioptimalkan sehingga bisa lebih banyak lagi warga miskin yang dapat dibantu memperbaiki rumahnya agar lebih layak huni, kata Ketua Baznas Kota Palembang M Ridwan Nawawi di Palembang, Jumat.

Menurut dia, program bedah rumah yang didukung dana dari zakat pegawai lingkungan Pemkot Palembang itu merupakan program Palembang Peduli yang telah dilakukan sejak 2016.

"Program tersebut sudah dimulai sejak 2016, dengan dukungan pegawai Pemkot dan berbagai pihak lainnya, kegiatan Palembang Peduli itu pada 2023 ini semakin digencarkan," ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk melakukan perbaikan rumah warga miskin dilakukan dengan dua cara perbaikan ringan dan berat dengan anggaran biaya Rp39 juta - Rp70 juta.

Untuk perbaikan rumah yang sifatnya renovasi ringan ukuran 5 X 5 meter per segi pihaknya menyediakan bantuan dana sebesar Rp39 juta per unit, sedangkan yang sifatnya perbaikan berat ukuran 6 X 6 M² pihaknya mengalokasikan dana untuk membedah rumah Rp70 juta per unit, katanya.