Ratusan atlet pelajar Sumsel berkompetisi di Popda XVII/2023

id popda, sumsel,gubernu herman deru,pelajar,prestasi

Ratusan atlet pelajar Sumsel berkompetisi di Popda XVII/2023

Ratusan atlet pelajar berkompetisi di Popda XVII/2023 Sumsel yang berlangsung 30 April - 5 Mei 2023 di Kota Palembang. (ANTARA/HO.Diskominfo)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru diwakili Assisten Pemerintahan Dan Kesra H Edward Chandra membuka Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVII/ 2023 Provinsi Sumsel bertempat di Asrama Haji Palembang, Senin, (01/05).

Kegiatan itu diikuti 13 kontingen dari 13 Kabupaten/kota di Provinsi Sumsel.

Gubernur menyambut baik Popda Provinsi Sumsel dimana kegiatan ini sebagai salah satu percepatan pembangunan khususnya pada bidang olahraga. Kegiatan itu  ajang untuk mengukur dan menguji prestasi, selamat kepada anak-anak yang telah terpilih yang mewakili kota masing-masing.

Assisten Pemerintahan Dan Kesra H Edward Chandra, mengatakan popda untuk mencetak atlit-atlit  yang ke depan akan berkiprah di tingkat  nasional atau internasional .

"Dengan prestasi dapat mengharumkan nama sendiri , mengharumkan nama sekolah, kota, provinsi maupun negara . Ini juga miniatur ajang pemanasan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) yang ke 16 Tahun 2023 dimana Sumatera Selatan akan menjadi tuan rumah dan mempertandingkan 22 cabang olahraga" jelas Edward.

Diakhir sambutan, gubernur Sumsel mengajak kepada semua pihak, untuk dapat mengedepankan sportifitas dalam penyelenggaraan Popda ini .

Ketua Pelaksana Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel H  Sutoko mengatakan Popda dilaksanakan untuk mengukur sejauh mana proses tahapan pembinaan prestasi siswa di Sumatera Selatan , memotivasi dan mengoptimalkan pembangunan potensi pelajar Sumsel.

Selain itu  wahana proses seleksi pelajar yang disiapkan menghadapi bagai kegiatan olahraga daerah atas nasional .

Peserta Popda XVII Tahun 2023, berjumlah 297 orang terdiri dari atlit , official, pelatih dan tim pendukung kontingen.  Yang akan memperebutkan  120 medali emas, 40 perak dan 40 perunggu.  

Waktu dan pelaksanaan secara resmi  dimulai 30 April dan berakhir pada 5 Mei 2023  , lokasi 3 titik komplek olahraga JSC , Jasdam dan Gandus.