Petugas PLN Baturaja ganti trafo meledak di Talang Aman

id Travo meledak, gangguan jaringan listrik, pemadaman listrik, pelanggan PLN, PLN Baturaja

Petugas PLN Baturaja ganti trafo meledak  di Talang Aman

Petugas PLN Baturaja mengganti travo yang meledak di Talang Aman, Sabtu (12/2) pukul 22.45 WIB. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Petugas PLN Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengganti dua unit trafo yang meledak di Talang Aman yang terjadi pada Jumat (11/2) dini hari agar jaringan listrik pelanggan kembali normal.

Supervisor Teknik PLN Rayon Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Ichsan Rahmadi di Baturaja, Minggu, mengatakan insiden ledakan travo yang terjadi pada pukul 00.56 WIB tersebut menyebabkan aliran listrik pelanggan di sejumlah kawasan di Kecamatan Baturaja Barat padam total selama sekitar delapan jam.

"Gangguan jaringan tersebut disebabkan akibat trafo rusak hingga terjadi ledakan. Untuk penyebab rusak atau meledaknya trafo masih kami lakukan identifikasi," katanya.

Untuk memperbaiki jaringan listrik pelanggan agar kembali normal pihaknya melakukan penggantian dua unit trafo tersebut dengan mengerahkan 12 orang petugas.

"Penggantian trafo dilakukan malam hari agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat," ujarnya.

Demi keselamatan petugas di lapangan, kata dia, selama proses perbaikan pihaknya kembali melakukan pemadaman jaringan listrik pelanggan di wilayah itu.

"Proses perbaikan cukup sulit karena dilakukan malam hari. Oleh sebab itu kami melakukan pemadaman secara emergency agar tidak membahayakan petugas di lapangan," tegasnya.

Atas ketidaknyamanan ini pihaknya meminta maaf kepada seluruh pelanggan PLN khususnya yang terdampak pemadaman tersebut.