BPBD OKU bersihkan sampah di sungai antisipasi banjir

id BPBD OKU antisipasi banjir bersihkan sampah sungai

BPBD OKU bersihkan  sampah di sungai antisipasi banjir

Petugas BPBD OKU membersihkan tumpukan sampah di Sungai Ogan untuk antisipasi banjir. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menerjunkan puluhan personel untuk membersihkan tumpukan sampah di bantaran Sungai Ogan guna mengantisipasi bencana banjir.

"Sekitar 25 orang personel yang kami terjunkan untuk membersihkan sampah di Sungai Ogan," kata Kepala BPBD Ogan Komering Ulu (OKU), Amzar Kristofa di Baturaja, Sabtu.

Dia mengemukakan, tumpukan sampah yang tersangkut di fender jembatan mulai dari Jembatan Ogan ll, Ogan lll, dan Ogan IV dibersihkan oleh petugas BPBD OKU guna mengantisipasi bencana banjir khususnya saat musim hujan seperti sekarang ini.

"Apalagi sekarang sudah masuk musim hujan sehingga tumpukan sampah di sungai yang berpotensi menimbulkan banjir kami bersihkan," tegasnya.

Ia mengaku, petugas di lapangan sedikit mengalami kesulitan membersihkan tumpukan sampah jenis kayu dan bambu sehingga terpaksa menggunakan alat mesin pemotong.

"Untuk membersihkan sampah jenis kayu dan bambu yang terangkut di jembatan ini kami menggunakan peralatan dua unit mesin sinsu perahu mesin dan tali tambang," ujarnya.

Ia berharap melalui kegiatan tersebut selain membersihkan Sungai Ogan agar sedap dipandang mata juga dapat mengantisipasi terjadinya bencana banjir.

"Karena biasanya air Sungai Ogan yang meluap ditambah banyaknya tumpukan sampah yang terangkut di jembatan berpotensi menimbulkan banjir sehingga harus dibersihkan," ujar dia.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar