Dua provinsi sepakat buka jalan dalam TNKS

id jalan penghubung,Taman Nasional Kerinci Sebelat,Rohidin Mersyah,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, pal

Dua provinsi sepakat buka jalan dalam TNKS

Arsip- Jalan provinsi lintas Kabupaten. (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana/I016)

Mukomuko (ANTARA News Sumsel) – Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah menyatakan pihaknya dengan Provinsi Jambi dua minggu yang lalu telah mendatangani surat kesepakatan untuk sama-sama mengusulkan pembukaan jalan penghubung dua daerah ini dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS).

“Memang pembangunan ruas jalan Kabupaten Mukomuko menuju Kabupaten Kerinci kerja sama dua provinsi, dan sudah ada kesepakatan dengan Gubernur Jambi dan sudah ditandatangani dua minggu yang lalu, dua provinsi sama-sama mengusulkan karena ini menghubungkan dua daerah,” kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Mukomuko, Selasa.

Setelah ini, katanya, pemerintah provinsi setempat dan Pemerintah Provinsi Jambi akan kembali memgadakan pertemuan inisiasi antara pihak TNKS, BKSDA kemudian Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko dan Kabupaten Kerinci.

Termasuk dua pemerintah provinsi dan dua pemerintah kabupaten yang berbatasan ini akan mengadakan pertemuan dengan pihak Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup guna membahas masalah ini.

“Kita membahas ini di Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup terkait dengan rekomendasikan yang diperlukan untuk membuka jalan penghubung dalam kawasan TNKS,” ujarnya.

Ia mengakui, upaya untuk membangun jalan penghubung dua wilayah dalam kawasan TNKS di daerah ini mengalami kendala dari UNESCO sehingga upaya sempat berhenti sebelum izin keluar.

Ia mengatakan, memang pemanfaatan kawasan hutan lindung apalagi yang sudah kritis berhubungan dengan dunia sehingga dalam pelaksanaannya tidak mudah, tetapi potensi itu ada.

Dan peluang bagi dua provinsi untuk mengusulkan pembukaan jalan penghubung itu dibuka, sehingga dengan adanya pembukaan ini peluang mengusulkan dimungkinkan untuk pembukaan jalan ini.