OKU Sumsel bangun jembatan penghubung antardesa

id Jembatan penghubung, antar desa, roda perekonomian, Pemkab OKU

OKU Sumsel bangun jembatan penghubung antardesa

Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah meninjau proyek pembangunan jalan dan jembatan, Kamis (11/1/2024). ANTARA/Edo Purmana/24

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) membangun jembatan permanen penghubung antardesa di Kecamatan Sosoh Buay Rayap untuk mempermudah akses transportasi masyarakat di daerah ini.

"Setelah 25 tahun merindukan jembatan permanen, akhirnya impian masyarakat ini segera terwujud, menyusul telah dibangunnya jembatan di Desa Rantau Kumpai 1, Kecamatan Sosoh Buay Rayap," kata Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah saat meninjau proyek pembangunan jalan dan jembatan di Kabupaten OKU, Kamis.

Dia mengatakan, jembatan penghubung antara Desa Rantau Kumpai 1 dan Rantau Kumpai 2 ini, dibangun oleh Dinas PUPR OKU sejak tahun 2023 dengan tahap awal pembangunan fondasi jembatan.

Pengerjaan proyek jembatan itu dilanjutkan kembali pada tahun ini dengan dana yang dianggarkan sebesar Rp12 miliar.

"Tahun ini pembangunan jembatan ditargetkan rampung 100 persen," katanya pula.

Jembatan penghubung itu dibangun dengan panjang 60 meter dan lebar empat meter yang akan menjadi satu-satunya akses masyarakat di wilayah itu.

Dengan dibangunnya jembatan tersebut diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam beraktivitas, khususnya mengangkut hasil kebun untuk dijual di pasar.

"Pembangunan jembatan ini diharapkan dapat menggeliatkan roda perekonomian masyarakat khususnya di Kecamatan Sosoh Buay Rayap dan sekitarnya," ujarnya lagi.

Sekretaris Desa Rantau Kumpai Gyardo mengaku selama ini masyarakat di desa itu hanya mengandalkan jembatan gantung untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

"Bila air Sungai Ogan meluap masyarakat menjadi khawatir akan keselamatan saat melintasi jembatan gantung. Kami sangat senang karena pemerintah saat ini sudah membangun jembatan yang layak diseberangi," ujarnya.