TPS disiapkan di tiga lapas Palembang

id tps,tps di lapas,tps di lp,berita sumsel,berita palembang,kpu,Abdul Karim

TPS disiapkan di tiga lapas Palembang

TPS Pilkada . (ANTARA/Muhammad Adimaja)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Tempat pemungutan suara disiapkan di tiga lembaga pemasyarakatan di Kota Palembang untuk pilkada Palembang serta pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan pada 27 Juni 2018.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang, Abdul Karim Senin menyatakan, untuk di lembaga pemasyarakatan akan disiapkan tiga tempat pemungutan suara (TPS) di tiga lapas di Palembang.

Namun, kata dia, di rumah sakit tidak ada TPS khusus.

Bagi mereka yang di rumah sakit yang mau menggunakan hak pilihnya bisa dilayani di TPS terdekat pada pemungutan suara 27 Juni nanti.

Ia menuturkan, untuk bisa menggunakan hak suara pada pilkada serentak 2018 pemilih terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT), kemudian pemilih yang terdaftar dalam DPT diberikan pemberitahuan pemilihan atau formulir C6.

Bagi pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT tapi tidak menerima formulir C6 tetap bisa datang ke TPS untuk meyakinkan disarankan menunjukkan identitas sehingga petugas KPPS yakin betul bahwa nama yang bersangkutan sinkron dengan KTP-e atau surat keterangan.

Kemudian bagi warga yang tidak terdaftar dalam DPT tetap bisa menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan KTP-e atau surat keterangan dari Dukcapil tapi waktu yang diberikan untuk mencoblos pukul 12.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB.

Adapun cara mencoblos yang sah tetap sama pada pilkada sebelumnya mencoblos pada kolom yang sudah tersedia.

Ia menjelaskan, di TPS semacam aturan baru dibandingkan dengan pilkada sebelumnya pertama pemilih tidak dibenarkan menggunakan alat coblos selain alat yang tersedia di bilik suara.

Mencoblos dengan api rokok atau lainnya menjadi tidak sah dan kedua ada larangan tidak dibenarkan menggunakan telpon genggam berkamera atau kamera untuk memotret apa yang dicoblos, katanya.

Ia juga mengimbau warga Palembang untuk mengikuti aturan yang ada dan berbondong-bondong ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya pada 27 Juni nanti.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar