Aktivis MHI Sumsel gelar kongres 2 Juni

id mhi sumsel gelar kongres, kongres aktivis lingkungan, mhi, mahasiswa hijau indonesia

Aktivis MHI Sumsel gelar kongres 2 Juni

Presiden MHI Sumsel Dedek Chaniago. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Melalui kongres itu, diharapkan aktivis MHI di Sumsel dapat membentuk kepengurusan baru yang solid dan memiliki konsep pergerakan yang lebih baik dalam melestarikan lingkungan...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Ratusan aktivis Mahasiswa Hijau Indonesia (MHI) Sumatera Selatan menjadwalkan kongres untuk memilih pemimpin dan pengurus baru organisasi mahasiswa pecinta lingkungan itu di Palembang pada Senin, 2 Juni 2014.

Dalam kongres itu juga akan dilakukan evaluasi perjalanan Mahasiswa Hijau Indonesia (MHI) Sumsel, penetapan peraturan-peraturan, dan merumuskan rekomendasi politik hijau ke depan, kata Presiden MHI Sumatera Selatan Dedek Chaniago di Palembang, Jumat.

Ia menjelaskan, melalui kongres itu, diharapkan aktivis MHI di provinsi berpendudk sekitar 8,6 juta jiwa itu dapat membentuk kepengurusan baru yang solid dan memiliki konsep pergerakan yang lebih baik dalam melestarikan lingkungan.

Melalui konsep pergerakan mahasiswa yang dipersiapkan secara matang, terarah dan terukur diharapkan organisasi ini dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam mencegah terjadinya kerusakan lingkungan hidup yang lebih parah.

Kerusakan lingkungan akibat faktor alam dan ulah manusia terus berlangsung, untuk itu mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa yang tergabung dalam MHI berupaya berpartisipasi melakukan berbagai langkah pencegahannya.

Selain dengan cara melakukan pergerakan mahasiswa, untuk mencegah terjadinya kerusakan lingkungan yang lebih parah terutama dari ulah manusia seperti kegiatan penebangan hutan secara ilegal, alih fungsi lahan, dan pencemaran limbah industri, pihaknya meminta pemerintah dan aparat keamanan untuk menindak tegas pelaku kejahatan lingkungan tersebut.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan lingkungan tidak cukup hanya bermodalkan semangat pergerakan mahasiswa, untuk itu MHI akan terus menggalang dukungan dan meningkatkan kepedulian seluruh lapisan masyarakat menyelamatkan lingkungan, katanya.

Selain menggelar Kongres MHI Sumsel, ratusan mahasiswa aktivis lingkungan hidup juga akan menggelar konsolidasi nasional di Kota Palembang selama dua hari yakni pada 3 - 4 Juni 2014.

"Anggota MHI dari luar Provinsi Sumatera Selatan yang memastikan hadir dalam konsolidasi nasional itu yakni perwakilan dari Lampung , Bandung, Jakarta, Sulawesi, Jambi, Riau, Sumatera Utara, Bengkulu, Banten, dan Kalimantan Barat," ujar Dedek.