Gapura OKU bersihkan bantaran Sungai Ogan

id sungai ogan, gapura bersihkan sungai ogan

Gapura OKU bersihkan bantaran Sungai Ogan

Bantaran Sungai Ogan (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Generasi Pecinta Alam Universitas Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan membersihkan Daerah Aliran Sungai Ogan sepanjang 10 kilometer sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap kelestarian alam.

"Rencananya kegiatan sosial itu akan di laksanakan mulai 14-17 Mei 2014," kata Ketua Generasi Pecinta Alam Universitas Baturaja (Gapura) Ogan Komering Ulu (OKU), Willy Ramadan di Baturaja, Selasa.

Dikatakannya, kegiatan tersebut didasari atas kepedulian terhadap kondisi Sungai Ogan yang kian terpuruk akibat dipenuhi oleh sampah dan kotoran lainnya hingga terjadi pencemaran.

"Untuk itu Gapura berniat mengajak masyarakat dan orgaisasi lainnya untuk bergabung membersihkan sepanjang bantaran Sungai Ogan. Kalau bukan kita siapa lagi mau peduli atas kondisi sungai yang semakin hari bertambah parah dan kotor oleh sampah akibat ulah tangan manusia," katanya.

Dikemukakannya, kegiatan yang akan digelar bakal melibatkan ratusan orang mahsiswa di OKU bekerja sama dengan Dinas Kebersihan setempat, termasuk melakukan penghijauan di sepanjang bantran sungai tersebut.

Menurut dia, tidak hanya rencana pembersihan dengan menelusuri DAS Sungai Ogan, pihaknya juga akan melakukan penghinjauan melalui penanaman pohon di sejumlah titik yang rawan longsor.

"Kondisi Sungai Ogan saat ini sangat memprihatinkan, selain tumpukan sampah di mana-mana, juga rawan longsor juga mengancam," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya akan melakukan penanaman 300 batang pohon untuk mencegah terjadinya longsor, terutama di kawasan Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Baturaja Timur.

Sebab kata dia, di kawasan tersebut DAS dijadikan pemukiman yang sangat membahanyakan keselamatan masyarakat sendiri.

"Sudah berapa banyak DAS yang tidak lagi memiliki pohon karena ulah manusia, belum lagi berdirinya bangunan di kawasan sungai yang seharusnya mampu menjaga pendangkalan," ujarnya.