Gapura OKU lakukan aksi bersihkan Sungai Ogan

id sungai ogan, gapura aksi bersihkan sungai ogan

Gapura OKU lakukan aksi bersihkan Sungai Ogan

Sungai Ogan, di pusat Kota Baturaja (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Mahasiswa Gabungan Pecinta Lingkungan Universitas Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan melakukan aksi membersihkan aliran Sungai Ogan, karena merasa prihatin melihat kondisi sungai  yang makin kotor.
    
"Kami sudah melakukan audensi dengan Wakil Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Drs H Kuryana Aziz membahas masalah ini," kata koordinator Gabungan Pecinta Lingkungan Universitas Baturaja (Gapura), Ica di Baturaja, Selasa.

Dkatakannya, terkait rencana aksi sosial organisasi itu akan melakukan pembersihan sampah menelusuran bantaran Sungai Ogan sepanjang 10 kilometer dari Desa Kebunjati, Kecamatan Baturaja Barat hingga Desa Banuayu Kecamatan Lubuk Batang.

Ia mengungkapkan, aksi yang akan digelar selama tiga hari dari 14-17 Mei ini bakal melibatkan ratusan orang mahsiswa bekerja sama dengan Dinas Kebersihan dan Keindahan (DKK) OKU.

"Target kami adalah melakukan pembersihan sampah dan kotoran di sepanjang aliran sungai dan penanaman pohon di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) yang dinilai perlu dihijaukan kembali," katanya.

Menurut dia, Sungai Ogan ini masih menjadi sumber kehidupan sebagian besar masyarakat Kota Baturaja dan sekitarnya, tetapi sangat disayangkan masih banyak warga belum punya kesadaran untuk menjaganya dengan cara tidak membuang sampah ke sungai.

"Bahkan, sudah berapa banyak DAS yang tidak lagi memiliki pohon karena ulah manusia, belum  lagi berdirinya  bangunan di kawasan sungai yang seharusnya mampu menjaga pendangkalan," katanya.

Rencana Gempar ini langsung disambut baik oleh Penjabat Pemkab  OKU itu yang mengaku bangga atas inisiatif mahasiswa.

"Gagasan adik-adik mahasiswa itu cukup bagus dan saya sangat mendukungnya. Bila perlu pada saat pelaksanaanya nanti kita libatkan seluruh dinas dan instansi terkiat," kata Kuryana.

Menurut dia, kegiatan ini bisa menjadi motivasi bagi masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan sekaligus kelestarian sungai sebagai sumber kehidupan.