KPU Palembang perbaiki daftar pemilih

id kpu, kpu palembang mutahirkan data pemilih

KPU Palembang perbaiki daftar pemilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) (Antarasumsel.com/Grafis)

....Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang terus melakukan perbaikan jumlah daftar mata pilih di kota tersebut menyusul akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang terus melakukan perbaikan jumlah daftar mata pilih di kota tersebut menyusul akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah.

Ketua KPU Eftiyani menyampaikan hal itu ketika ditanya mengenai jumlah mata pilih di kota tersebut di Palembang, Rabu.

Menurut dia, berdasarkan informasi terakhir yang mereka terima pada 21 September 2012 bahwa untuk jumlah penduduk Palembang saat ini setelah dilakukan penyisiran oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) melalui camat, lurah dan RT terjadi penurunan dari 1,7 juta jiwa tinggal 1.694.560 jiwa.

Jumlah perkiraan mata pilih per 7 April nanti dari 1,255 juta jiwa kemungkinan akan bertambah, katanya.

Ia mengatakan, data valid akan mereka terima dalam minggu ini setelah Dukcapil berkoordinasi dengan Depdagri dalam rangka validasi terakhir data penduduk Kota Palembang untuk dasar penerbitan data penduduk potensial pemilih pemilu.

Ia menyatakan, secara resmi akan dikeluarkan surat oleh Dukcapil untuk penjelasan jumlah penduduk akhir sebagai dasar penerbitan keputusan syarat calon perseorangan.

Setelah itu diterima KPU mulai melakukan pengolahan ke tingkat kecamatan dan kelurahan, karena PPK dan PPS pada Oktober ini sudah terbentuk dan dilantik dan mereka bisa bertugas.

Sementara mata pilih ganda ia menuturkan, karena sudah berbasis e-KTP, kemungkinan tingkat data ganda itu minimal, karena tinggal mengecek kembali koordinasi pihak dibawahnya di wilayah kerja masing-masing.

Mengenai warga yang belum mendaftar e-KTP, langkah yang ditempuh dengan mengimbau lurah dan camat agar mendorong RT dan warganya supaya mendaftar e-KTP di kecamatan masing-masing, katanya. (Sus)