Realisasi penyaluran kredit Pegadaian di Sumsel tinggi

id pt pegadaian, Pegadaian, kredit gadai, penyaluran kredit

Realisasi penyaluran kredit Pegadaian di Sumsel tinggi

Pegadaian kantor wilayah Palembang di jalan Merdeka. (Foto Antarasumsel.com/M. Deden Baihaqi/15)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Realisasi penyaluran kredit PT Pegadaian kepada masyarakat di Sumatera Selatan selama Januari hingga Maret 2016 cukup tinggi mencapai lebih dari Rp100 miliar.

Realisasi penyaluran kredit di Sumsel dan empat provinsi Sumbagsel lainnya seperti Jambi, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung tergolong tinggi, kata Kepala Humas PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah III Sumbagsel M Charist Chamid, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, tren permintaan kredit gadai di daerah ini bergerak naik, kondisi ini akan terus diupayakan meningkat dengan melakukan berbagai trobosan.

"Realisasi penyaluran kredit yang telah berjalan dengan baik selama ini akan terus ditingkatkan sehingga target penyaluran kredit kepada masyarakat pada 2016 ini bisa tercapa bahkan bukannya tidak mungkin dapat dilampaui," ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk terus meningkatkan penyaluran kredit dengan cara mengagunkan berbagai jenis barang berharga seperti perhiasan emas dan kendaraan bermotor roda dua/empat, pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dan melakukan edukasi kepada masyarakat.

Edukasi yang dilakukan dalam bentuk penjelasan mengenai pemanfaatan kredit jika masyarakat membutuhkan dana segar secara cepat, cukup menggadaikannya saja.

Masyarakat jangan berpikir sempit, jika membutuhkan uang langsung menjualnya, padahal ada cara lain dengan cukup menggadaikannya saja dan jika kondisi keuangan mulai stabil bisa menebusnya kembali dan kemungkinan pada saat ditebus barang yang digadaikan harganya naik.

Sebagai gambaran jika masyarakat memiliki perhiasan emas, harganya bisa sewaktu-waktu mengalami kenaikan yang cukup tinggi, jika dijual akan mengalami kerugian, ujarnya.