Ramadhan permintaan permodalan di Sumbagsel meningkat, Pegadaian jadi pilihan warga

id Sumsel, pegadaian,ramadhan

Ramadhan permintaan permodalan di Sumbagsel meningkat, Pegadaian jadi pilihan warga

Permintaan permodalan di Sumatera Bagian Selatan meningkat selama Ramadhan, terbukti banyak masyarakat yang menyerbu outlet Pegadaian di Wilayah Kanwil III Sumbagsel. (ANTARA/HO/Adetia)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Permintaan permodalan di Sumatera Bagian Selatan meningkat selama Ramadhan, terbukti banyak masyarakat yang menyerbu outlet Pegadaian di Wilayah Kanwil III Sumbagsel.

Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Kanwil III Sumbagsel Dwi Hadi Atmaka, dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Palembang, Selasa, menyebut permintaan modal usaha di wilayah itu mengalami peningkatan yang cukup signifikan khususnya sejak awal 2024.

"Dalam beberapa bulan terakhir, kami mencatat lonjakan permintaan permodalan yang cukup tinggi oleh masyarakat dan pelaku UMKM terutama berbasis kuliner yang ada di Sumsel- Babel, Jambi dan Bengkulu. Mereka membutuhkan dana tambahan untuk meningkatkan persiapan dan stok menjelang Idul Fitri," ujarnya.

Ia mengatakan data terkini menunjukkan bahwa kenaikan permintaan tersebut disumbang oleh produk gadai yang mengalami pertumbuhan sebesar 8,18 persen, serta produk mikro dengan pertumbuhan sebesar 6,61 persen.

"Peningkatan permintaan permodalan ini diprediksi terus berlanjut hingga memasuki menjelang Hari Raya Idul Fitri, di mana banyak pelaku UMKM yang menghadapi tantangan dalam mengatasi lonjakan permintaan dari konsumen," katanya.

Selain itu, tidak hanya gadai emas saja yang menjadi trend dari tahun ke tahun di bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri. Diprediksi, menjelang lebaran juga akan ada kenaikan gadai kendaraan bermotor.

"Asumsi masyarakat sendiri, daripada meninggalkan kendaraan di rumah sementara mereka pergi mudik, lebih baik dititipkan di Kantor Pegadaian saja dengan alasan keamanan masih sangat melekat," ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa kemudahan proses transaksi juga bisa dilakukan melalui layanan Pegadaian Digital Service. Selain itu nasabah juga bisa mengakses melalui Kantor Pos,  Indomaret, ATM, dan juga di 2.562 agen Pegadaian.

"Pegadaian Palembang juga telah meluncurkan program Gempita Ramadan dan Lebaran (Gempar) dengan memberikan promo diskon untuk nasabah yang datang melakukan transaksi di Pegadaian," jelasnya.

Ia mengungkapkan Pegadaian menjadi pusat perhatian bagi masyarakat yang membutuhkan akses permodalan serta solusi investasi yang aman dan menguntungkan.

"Kami berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan UMKM di Palembang dengan menyediakan berbagai produk permodalan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Di tengah situasi ekonomi yang tidak pasti, kami berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi perkembangan UMKM dan perekonomian lokal," tegas dia.