Pegadaian kembali raih penghargaan bergengsi di BCOMSS 2024

id Pegadaian

Pegadaian kembali raih penghargaan bergengsi di  BCOMSS 2024

PT Pegadaian kembali meraih penghargaan bergengsi dan membawa pulang gold di ajang BUMN Corporate Communications And Sustainability Summit (BCOMSS) 2024.(Antara/HO/Hms.Pegadaian)

Jakarta (ANTARA) - PT Pegadaian kembali meraih penghargaan bergengsi dan membawa pulang gold di ajang BUMN Corporate Communications And Sustainability Summit (BCOMSS) 2024.

"Alhamdulillah, dua tahun berturut-turut kami mendapatkan juara dari kompetisi  BCOMSS. Tidak tanggung-tanggung, kami mendapatkan Gold untuk kategori Sustainability," ujar Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan, yang diterima di Palembang, Jum'at.

Ia mengatakan penghargaan itu diberikan atas kontribusi signifikan PT Pegadaian pada bidang Sustainability melalui program inisiatif dan dampak dari tanggung jawab sosial dan pengembangan masyarakat yang inovatif.

"Penghargaan ini menjadi pengakuan dari Kementerian BUMN atas kerja keras dan dedikasi seluruh tim Pegadaian dalam menerapkan praktik bisnis yang berkelanjutan," katanya.

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir itu bertemakan Kemandirian Menuju Indonesia Emas.

Selain itu, ia mengungkapkan jika dirinya sangat mengapresiasi seluruh Insan Pegadaian atas kesungguhan untuk ikut berperan aktif dalam setiap program sustainability.

"Tentunya saya sangat mengeapresiasi baik di internal maupun bagi masyarakat penerima manfaat, karena mampu menyeimbangkan antara aspek komersial dan kebermanfaatan melalui program-program yang bertanggung jawab baik dalam sosial maupun lingkungan," ungkapnya.
 
Dalam kategori BUMN Local Hero BCOMSS 2024 pihaknya juga mengapresiasi kontribusi luar biasa Mina Dewi Sukmawati selaku Ketua FORSEPSI yang telah berperan penting dalam pengembangan bank sampah dan pemberdayaan perempuan di Indonesia.

"Penghargaan ini merupakan bukti komitmen Pegadaian dalam mengakui dan mendukung individu-individu yang memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat," ucapnya.
 
Ia menjelaskan Pegadaian didapuk sebagai Top Contributor BUMN For Sustainability melalui berbagai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dijalankan, mulai dari perencanaan dan eksekusi hingga monev yang terukur.

"Tentunya penilaian ini termasuk keaktifan, kesungguhan dan keterbukaan untuk berkolaborasi pada setiap program sustainability. Sebut saja beberapa program unggulannya, seperti Bank Sampah Pegadaian The Gade Clean & Gold yang kini sudah memiliki 200 Bank Sampah binaan yang tersebar di seluruh Indonesia," jelasnya.

Ia menambahkan PT Pegadaian berkomitmen untuk terus menerapkan dan mengembangkan program-program yang dapat memberikan manfaat luas bagi masyarakat, sejalan dengan misi perusahaan untuk berkontribusi pada pembangunan ekonomi dan sosial Indonesia.

"Pegadaian juga mendukung pendidikan melalui The Gade Creative Lounge sebuah ruang kreatif inovatif bagi para mahasiswa dan civitas akademika yang tersebar di 17 Kampus terkemuka di Indonesia. Mendukung bidang kewirausahaan, UMKM, dan ekonomi masyarakat, Pegadaian memiliki program Gade Preneur dan The Gade Sociopreneur, yang tidak hanya memberikan pendidikan dan pelatihan, namun memberikan pembinaan bagi UMKM untuk naik kelas," tambahnya.