Pegadaian Bidik Gambo Muba Jadi Produk Siap Ekspor

id GAMBO,Pegadaian ,Muba

Pegadaian Bidik Gambo Muba Jadi Produk Siap Ekspor

Audiensi Pemkot Muba dan PT Pegadaian Kanwil III Sumbagsel (Antara/ Pemkab Muba)

Palembang (ANTARA) -
 
PT Pegadaian (Persero)  Sumatera bagian selatan mendorong Gambo Musi Banyuasin (Muba) untuk menjadi produk yang siap ekspor. 
 
Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Kanwil III Sumbagsel Praktino di Sekayu, Minggu, mengatakan bahwa Gambo Muba merupakan produk eco fashion khas Bumi Serasan Sekate yang menarik perhatian.
 
"Kami sangat kagum dengan Gambo Muba, sudah kami cek pengrajinnya dan produk ini sangat berpotensi untuk siap ekspor," kata Praktino 
 
Ia menambahkan dalam upaya mendorong UMKM go internasional saat ini terus dilakukan pihaknya dan menginventarisir potensi produk produk UMKM daerah yang siap untuk didorong jadi produk ekspor.
 
 "Dan di Muba kami melihat salah satunya Gambo Muba," katanya.
 
Ia merinci Pegadaian sejak tahun 2022 telah melaksanakan penyaluran KUR untuk UMKM dan KUR yang disalurkan mulai dari Rp10 juta hingga Rp50 juta dengan bunga sangat rendah.
 
Sementara itu, Pj Bupati Apriyadi Mahmud mengungkapkan Muba memiliki tiga produk inovatif yang siap untuk didorong jadi produk ekspor.
 
 "Diantaranya Gambo Muba, Pelepah Pinang, Cocofeat dan Cocofiber," katanya.
 
Ia menambahkan, Gambo Muba merupakan produk fashion yang ramah lingkungan yang terbuat dari limbah getah Gambir. 
 
"Ini tentu sangat cocok dan selaras untuk didampingi Pegadaian yang juga konsen dengan produk ramah lingkungan," ujarnya.
 
Ia menambahkan Pemkab Muba akan terbuka dan sinergi dengan maksimal bersama Pegadaian demi memberikan kontribusi positif untuk masyarakat. 
 
"Prinsipnya kami siap dan terbuka untuk sinergi ini, tentu Pegadaian silahkan saja untuk memilih tiga produk andalan di Muba yang nantinya akan didorong dan didampingi menjadi produk yang siap ekspor," pungkasnya.