Alfamart Palembang gandeng usaha kecil

id alfamart, gendeng ukm

Alfamart Palembang gandeng usaha kecil

Koordinator anggota relasi Alfamart, Firdaus (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Sumber Alfaria Trijaya perusahaan retail  bekerja sama dengan Bank Mandiri akan menggandeng usaha kecil dan menengah untuk menjadi mitra menjual kebutuhan pokok kepada konsumen.
    
"Usaha kecil milik keluarga yang berbentuk warung, kedai, kios, toko kecil, atau restoran sederhana akan kami jadikan member atau mitra agar bisa berkembang," kata Koordinator anggota relasi Alfamart, Firdaus saat pelatihan pengelolaan ritel (pedagang barang eceran-red) bersama sejumlah insan media di Palembang, Sabtu.

Dikemukakannya, syarat menjadi member cukup melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan surat keterangan dari kelurahan setempat yang menyatakan tempat usaha dimiliki sudah berdiri minimal dua tahun.

"Keuntungan memiliki kartu member yakni memesan barang di Alfamart cukup menelpon barang diantar tanpa ongkos kirim dan akan kami pinjamkan rak tempat barang dagangan," ungkapnya.

Selain itu, kata dia, pemegang kartu member juga bisa melakukan pinjaman uang di Bank Mandiri dengan bunga yang relatif rendah dengan syarat ditentukan oleh pihak Bank.

Sementara,  Cluster Manejer Bank Mandiri Cabang Palembang, Apriyadi menyatakan bahwa sebagai mitra kerja Alfamart akan mempermudah proses pinjaman bagi pemegang kartu member yang membutuhkan modal usaha dengan jumlah kredit hingga mencapai Rp100 juta dengan bunga rendah.

Adapun syarat pinjaman tersebut, antara lain melampirkan KTP, Kartu Keluarga (KK), tidak ada masalah tunggakan kredit apapun dan surat keterangan menyatakan tempat usaha yang dimiliki sudah berdiri minimal dua tahun.

Selain itu, kata dia, juga harus membuka rekening tabungan di Bank Mandiri, karena pencairan langsung ditransfer.

"Sebesar 25 persen dari jumlah pinjaman langsung kami trnasfer ke rekening Alfamart untuk dibelanjakan produk dagangan, dan sisanya ke pemilik rekening tabungan," katanya.