Pemimpin dunia didorong mobilisasi kekuatan untuk akhiri genosida Gaza

id medisida,pelapor khusus PBB,pemimpin dunia,mobilisasi kekuatan,genosida,Gaza utara,serbuan Israel

Pemimpin dunia didorong mobilisasi kekuatan untuk akhiri genosida Gaza

Pelapor Khusus PBB untuk kesehatan, Tlaleng Mofokeng, pada Jumat (25/10/2024) mendesak para pemimpin dunia untuk menggunakan pengaruh mereka guna menghentikan genosida di Gaza. /ANTARA/Anadolu/py

Hamilton, Kanada (ANTARA) - Pelapor Khusus PBB untuk kesehatan, Tlaleng Mofokeng, pada Jumat (25/10) mendesak para pemimpin dunia untuk menggunakan pengaruh mereka guna menghentikan genosida di Gaza.

"Kami hanya butuh semua pemimpin dunia untuk mengerahkan kekuatan ekonomi, politik, dan diplomatik yang mereka miliki agar genosida ini segera berakhir," kata Mofokeng kepada wartawan dalam konferensi pers di New York.

Mofokeng menekankan bahwa hak atas kesehatan telah menjadi "tak tertahankan" di tengah kekerasan tanpa henti oleh Israel.

Dia menjelaskan bahwa tenaga kesehatan kini "kelelahan, dilecehkan, terbunuh, dan dihalangi untuk melaksanakan tugas mereka sebagai penanggap pertama."

Mofokeng menggambarkan kondisi mengerikan di wilayah Palestina yang diduduki, di mana para profesional kesehatan harus bekerja.

Banyak di antara mereka yang terpaksa melakukan operasi tanpa anestesi atau obat-obatan penting.

“Kita semua menjadi saksi serangan terhadap praktik kedokteran itu sendiri,” katanya, sekaligus memperkenalkan istilah baru, "medisida", untuk menggambarkan serangan sistematis yang luas oleh Israel terhadap tenaga kesehatan dan fasilitas medis.