Distan OKU gelar gebyar vaksinasi pada Hari Rabies Sedunia

id Hewan rabies, vaksin anti rabies, Hari Rabies Sedunia, hewan peliharaan, Dinas Pertanian OKU

Distan OKU gelar gebyar vaksinasi pada Hari Rabies Sedunia

Petugas memberikan suntikan vaksin antirabies kepada kucing peliharaan milik warga Kabupaten OKU, Sabtu. ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menggelar gebyar vaksinasi untuk hewan peliharaan warga dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia Tahun 2024.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU melalui Sub Koordinator Kesehatan Hewan, Hendri Afrizal, di Baturaja, Sabtu, mengatakan bahwa Hari Rabies Sedunia merupakan momentum untuk meningkatkan kesadaran dan pentingnya upaya pemberantasan penyakit rabies di wilayah itu.

Dalam program tersebut pihaknya menargetkan sebanyak 1.500 hewan peliharaan milik masyarakat diberi vaksin agar terhindar dari virus rabies.

"Untuk hari ini vaksinasi rabies yang kami gelar di Kantor Dinas Pertanian OKU menyasar 100 ekor hewan pembawa rabies seperti kucing dan anjing," kata Hendri.

Program pemberian vaksin secara gratis itu terus digulirkan hingga mencapai target melalui upaya jemput bola hingga ke desa-desa di wilayah itu.

Dalam program jemput bola pihaknya mengerahkan dua tim yang mendatangi rumah warga pemilik hewan peliharaan mulai dari anjing, kucing, hingga kera untuk diberi vaksin antirabies.

"Untuk syarat hewan yang diberi vaksin yaitu berusia minimal enam bulan dan dalam kondisi sehat saat akan divaksin serta tidak sedang hamil," jelasnya.

Dia menjelaskan, hewan yang sudah divaksinasi berisiko lebih kecil untuk tertular penyakit dan menyebarkannya baik ke hewan lainnya ataupun kepada manusia melalui gigitan.

"Sejauh ini antusias masyarakat cukup tinggi untuk memberikan vaksin antirabies kepada hewan peliharaannya," ujarnya.