SMA Negeri favorit di Palembang sosialisasikan PPDB untuk cegah salah komunikasi

id SMA favorit, sna, sekolah, penerimaan siswa baru, ppdb di Palembang, gencar sosialisasikan PPDB,Disdik, dinas pendidilan

SMA Negeri favorit di Palembang  sosialisasikan PPDB untuk cegah salah komunikasi

Kepala SMA Negeri 6 Palembang Fir Azwar sosialisasikan PPDB tahun ajaran 2024/2025. (ANTARA/Yudi Abdullah/24)

Palembang (ANTARA) - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri favorit di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), mulai gencar sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025 sebagai upaya mencegah salah komunikasi dan peningkatan transparansi.

Salah satu sekolah favorit yang melakukan sosialisasi PPDB yakni SMAN 6 Palembang yang melibatkan Ombudsman, lurah, RT, tokoh masyarakat, aktivis, LSM, komite sekolah, dan pihak Kecamatan Kemuning, termasuk perwakilan Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel. 

Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Palembang Fir Azwar di Palembang, Kamis, mengatakan pentingnya pemahaman yang komprehensif terhadap petunjuk teknis (juknis) PPDB 2024-2025 yang pendaftaran dibuka serentak mulai 23 April 2024.

Ia mengatakan perubahan juknis dari tahun sebelumnya membuat sosialisasi menjadi aspek krusial dalam memastikan semua pihak terlibat memahami proses tersebut.

Sementara Kasi Peserta Didik SMA Disdik Sumsel Anang Purnomo K menjelaskan pendidikan adalah hak bagi semua warga negara yang harus difasilitasi oleh pemerintah, dan proses PPDB haruslah berlangsung adil dan transparan.

"Pentingnya mematuhi berbagai regulasi, termasuk Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 dan Keputusan Sekretaris Jenderal Kemdikbudristek Nomor 47/M/2023, untuk menjaga transparansi dan keadilan dalam proses penerimaan siswa," jelasnya.

Sementara itu Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sumsel Adrian Agustiansyah mengatakan pada proses PPDB tahun 2023 ada dugaan mal administrasi dalam kegiatan tes mandiri dan ketidaktransparanan perlu dijadikan catatan untuk perbaikan