Hujan lebat mengguyur Kota Baturaja

id Hujan lebat, musim kemarau, peristiwa karhutla, masyarakat OKU, Badan Penanggulangan Bencana Daerah

Hujan lebat mengguyur Kota Baturaja

Ilustrasi - Pengendara sepeda motor menembus hujan (ANTARA / M Ghofar)

Baturaja (ANTARA) - Hujan lebat mengguyur Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan pada Kamis (19/10) petang yang disambut suka cita oleh masyarakat setempat.

"Alhamdulillah hari ini hujan mulai turun setelah beberapa bulan Kota Baturaja dilanda kekeringan," kata Junai, salah seorang warga Kelurahan Air Gading, Kecamatan Baturaja Timur, Kamis.

Menurut dia, hujan lebat yang mengguyur Kota Baturaja sekitar 17.50 WIB tersebut membawa berkah bagi masyarakat, terutama mereka yang mengalami kesulitan air bersih dan kebakaran lahan yang marak terjadi di daerah itu akibat kemarau panjang.

Akibat kemarau panjang berdampak pada mulai mengeringnya air Sungai Ogan yang menjadi sumber penghidupan masyarakat di daerah itu.

Selama kemarau masyarakat setempat kesulitan mendapat air bersih untuk kebutuhan sehari-hari sehingga terpaksa membeli air dengan harga yang cukup mahal.

"Dengan turunnya hujan hari ini kami sangat senang karena tidak lagi harus membeli air untuk kebutuhan sehari-hari selama beberapa hari kedepan," ujarnya.

Sementara, Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Gunalfi secara terpisah menambahkan, berdasarkan rilis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau akan berakhir di sebagian besar wilayah Indonesia mulai akhir Oktober ini dan awal musim hujan secara bertahap dimulai pada November 2023.

"Untuk Kabupaten OKU meskipun tidak berlangsung lama, namun sebagai wilayah Kabupaten OKU mulai diguyur hujan lebat," katanya.

Ia berharap, hujan ini dapat membantu memadamkan titik-titik api yang masih terdapat di beberapa desa sehingga Kabupaten OKU benar-benar bebas dari bencana kabut asap.

"Karena hampir setiap hari kami mendapat laporan adanya karhutla sehingga dengan turunnya hujan masalah tersebut diharapkan dapat segera teratasi," harapnya.

Ia berharap pula hujan dapat memberikan pasokan air bersih bagi masyarakat di daerah itu yang mengalami kekeringan akibat kemarau panjang.