Hari terakhir Porprov, Lahat sulit tergeser dari juara umum

id porprov sumsel, lahat, pekan olahraga

Hari terakhir Porprov, Lahat sulit tergeser dari juara umum

Tabulasi perolehan medali Porprov Sumsel XIV/2023 Lahat, Update Minggu (24/9/2023) pukul 07.00 WIB. (ANTARA/HO/MCPorprovSumselXIV/2023)

Lahat, Sumsel (ANTARA) - Posisi tuan rumah Kabupaten Lahat sebagai kandidat juara umum Porprov Sumsel XIV/2023 dipastikan sulit digeser daerah lainnya pada hari terakhir perburuan medali pada Minggu (24/9/2023).

Kabupaten Lahat hingga Minggu pagi, pukul 07.00 WIB telah mengemas 182 medali emas, 118 perak dan 123 perunggu.

Berdasarkan tabulasi klasemen dari PB Porprov Sumsel XIV/2023, perolehan medali Lahat terpaut jauh 65 medali emas dengan peringkat kedua Musi Banyuasin.

Perebutan posisi kedua tampaknya bakal seru antara Kontingen Kabupaten Musi Banyuasin dan Kota Palembang pada hari terakhir Porprov ini yang masih menyisakan medali cukup banyak.

Kota Palembang berpotensi untuk bisa menyalip perolehan medali Muba. Kota Palembang sementara berada di peringkat ke-3 dengan 110 medali emas, 119 perak dan 182 perunggu. Sedangkan Musi Banyuasin yang ada di peringkat kedua 117 medali emas, 95 perak dan 126 perunggu.

Dengan selisih tujuh medali emas, termasuk cukup tipis dibandingkan dengan puluhan medali emas yang masih diperebutkan di hari terakhir ini.

Sedangkan Lubuk Linggau di urutan keempat, terpaut jauh dengan posisi di atasnya. Lubuk Linggau sementara membukukan 70 medali emas, 81 perak dan 93 perunggu.

Di sisi lain di klasemen bawah, Kota Pagar Alam di posisi 16 menambah tiga emas pada Sabtu, sekaligus menyalip Kontingen Empat Lawang yang sementara berada di juru kunci klasemen Porprov dengan 3 emas, empat perak dan 20 perunggu.

Meski sudah terpaut jauh, namun Lahat tetap harus memperhitungkan pertandingan di 18 cabang olahraga yang masih memperebutkan medali pada Minggu (24/9/2023) ini.

Dari cabang olahraga itu, masih menyisakan nomor-nomor unggulan dari Muba dan Kota Palembang. Juga atlet daerah lainnya tak ingin menyia-nyiakan kesempatan meraih medali emas yang juga sekaligus sebagai ajang seleksi untuk tampil di PON 2024 di Medan dan Aceh.

Cabang olahraga yang menyisakan perburuan medali berdasarkan jadwal pertandingan adalah balap motor, biliar, bridge, bulutangkis, catur, futsal, muaythai, panjat tebing, paralayang, pencak silat, senam, sepak takraw, tenis lapangan, tenis meja, wushu, voli indoor dan voli pasir.