Sekolah di Palembang bagikan masker lindungi siswa dari asap karhutla

id sekokah, bagikan masker, masker, lindungi siswa, asap, kabut asap

Sekolah di Palembang bagikan masker lindungi siswa dari  asap karhutla

Sekolah di Palembang membagikan masker kepada siswa agar terhindar dari dampak asap karhutla. ANTARA/Yudi Abdullah

Palembang (ANTARA) - Guru sekolah dasar (SD) di Kota Palembang membagikan masker secara gratis kepada siswa untuk melindungi mereka dari dampak asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang akhir-akhir ini mencemari udara ibu kota Sumatera Selatan itu.

"Asap karhutla dapat menimbulkan gangguan kesehatan terutama infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Dengan memakai masker diharapkan dapat mencegah gangguan kesehatan pada siswa," kata Kepala SD Negeri 88 Palembang Untung usai pembagian masker di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, dalam sepekan terakhir kabut asap akibat karhutla mencemari udara di Kota Palembang. Hal itu membuat khawatir para orang tua dan guru terhadap kesehatan anak serta siswa.

"Kendati demikian, aktivitas belajar dan mengajar di sekolah belum diliburkan, sebagai tindakan mengantisipasi siswa terserang ISPA dan penyakit lainnya siswa dibekali masker agar tidak kontak langsung dengan udara kotor," kata Untung.

Menanggapi kondisi kualitas udara di Palembang yang akhir-akhir ini kurang baik bagi kesehatan warga terutama pelajar, Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agiatinda mengatakan pihaknya mempertimbangkan untuk meliburkan kegiatan sekolah.