Pemkot Palembang susun peta jalan sistem inovasi daerah

id sumsel,palembang,peta jalan,sida,pemkot palembang

Pemkot Palembang susun peta jalan sistem inovasi daerah

Forum Group Discussion (FGD) laporan pendahuluan penyusunan peta jalan sistem inovasi daerah (Sida) tahun 2023-2026 di Kota Palembang, Sumatra Selatan (31/5/2023). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kota Palembang, Sumatra Selatan, menyusun peta jalan sistem inovasi daerah (Sida).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda Litbang) Kota Palembang, Harrey Hadi di Palembang, Rabu, mengatakan Pada penyusunan Sida juga melibatkan semua pihak pemangku kepentingan, seperti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), akademisi, masyarakat, serta perwakilan dari SKPD dan lainnya.

”Peta jalan Sida akan diintegrasikan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), hal ini sudah ada Peraturan Bersama Menristek nomor 3 tahun 2012 dan Kemendagri nomor 36 tahun 2012 yang menjadi landasan penguatan Sida,” katanya.

Kota Palembang memiliki banyak potensi baik di bidang ekonomi, pembangunan, dan hasil inovasi, maka dari itu pihaknya juga terus intens membangun koordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk terus menciptakan inovasi.

“Kita menggali potensi masalah dan inovasi terkait dengan 5 isu strategis yang ada di RPJMD, yang akan dijadikan bahan masukan dalam penyusunan peta jalan ini,”  jelasnya.

Harrey juga berharap Sida memotivasi masyarakat dan lembaga-lembaga yang ada untuk berinovasi dan turut aktif dalam pembangunan di daerah sehingga mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Sementara itu salah satu pembicara dalam penyusunan peta jalan Sida, Herie Saksono , menyambut baik adanya peta jalan Sida. Hal ini untuk membangun presfektif Kota Palembang tentang inovasi daerah.

”Kita harus saling bersinergi, serta peran serta dari SKPD terkait juga harus dikedepankan dalam mendukung langkah Pemkot Palembang sebagai langkah penguatan inovasi daerah,” kata dia.