Kadin Sumsel menargetkan 300.000 tenaga kerja bersertifikasi

id tenaga kerja,sertifikasi,program kerja,kadin sumsel,pemprov

Kadin Sumsel menargetkan 300.000 tenaga kerja bersertifikasi

Pelantikan dewan kepengurusan Kadin Sumsel (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Selatan menargetkan 300.000 tenaga kerja terampil bersertifikasi di wilayah itu.

“Program kerja pun sudah dipersiapkan di antaranya mendorong tenaga kerja terampil dan berdaya saing tinggi melalui program pengembangan dan pelatihan profesi sehingga dalam tiga tahun ke depan, ditargetkan dapat lahir 300.000 tenaga kerja terampil yang bersertifikasi di Sumsel,” kata Ketua Kadin Sumsel Affandi Uji di Palembang, Selasa.

Ia mengungkapkan ke depan Kadin Sumsel menjadi lokomotif ekonomi yang Inklusif, koloboratif, dan sinergis dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel.

Saat ini terdapat 120 asosiasi, himpunan, koperasi, termasuk BUMN-BUMD di bawah payung Kadin.

“ Program ini sesuai tema pelantikan sinergi dan kolaborasi Kadin dengan Pemerintah dalam menyongsong Sumsel Emas 2030,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, program lain yang disiapkan yakni pemberdayaan dan memfasilitasi UMKM dan sejumlah program strategis lainnya.

"Kami ada 25 program kerja yang siap bersinergi dengan Pemprov Sumsel. Setiap program kerja kita ada target yakni Rp 100 triliun dalam kepengurusan kami. Prioritas programnya adalah UMKM," kata Affandi.

Sementara itu Ketua Umum Kadin Indonesia M. Arsjad Rasjid P.M mengatakan sinergi antara Kadin dan pemerintah sangatlah penting dalam meningkatkan kekuatan perekonomian.

"Saya minta Kadin Sumsel dapat mendukung dan mensukseskan tiga program prioritas Kadin Tahun 2023 yaitu Roadmap Indonesia Emas 2045, ASEAN Bussiness Advisory Council 2023, dan Kadin Impact Award," ucap dia.