Pemkot Palembang susun Rencana Pembangunan Daerah 2024-2026

id rpd kota palembang 2024-2026,pembangunan infrakstruktur,kesejahteraan masyarakat palembang,pemkot palembang,berita palembang

Pemkot Palembang susun Rencana Pembangunan Daerah 2024-2026

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kota Palembang Harrey Hadi di Palembang, Selasa (13/12/2022). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang menyusun Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2024-2026 untuk menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri No.52 Tahun 2022 bahwa kepala daerah yang akan berakhir masa jabatan diwajibkan menyusun RPD.

"Penyusunan RPD memang harus dilakukan kepala daerah menjelang akhir masa jabatan sesuai Inmendagri dan ini nantinya akan menjadi pedoman Plt Wali Kota Palembang," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kota Palembang Harrey Hadi di Palembang, Selasa.

Pada Rencana tersebut akan dimasukkan adalah evaluasi persoalan pemerataan kesejahteraan masyarakat serta pembangunan infrastruktur Kota Palembang.

"Kami ingin pembangunan di segala sektor itu harus bermuara kepada upaya peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM), karena saat ini IPM Kota Palembang tertinggi di Sumatera Selatan (Sumsel)," ucapnya.

Soal kemiskinan dan pengangguran ini masih menjadi tugas Pemkot Palembang ke depannya, serta masalah sanitasi dan perbaikan jalan ini juga dimasukkan pada perencanaan tersebut.

Kemudian rencana kegiatan ini berupa tema pembangunan ditekankan pada upaya bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat selain harus menjaga infrastruktur yang ada.

"Penanganan masalah banjir yang dikeluhkan masyarakat, kemudian pengelolaan sampah, kemacetan, dan kawasan kumuh tetap kami upayakan menjadi prioritas," katanya.

Dia mengatakan pada perencanaan RPD ini dapat menjadi lebih matang karena adanya visi dan misi Wali Kota Palembang yang baru.

"Kekurangan pada rencana tersebut adalah tidak adanya visi dan misi,  karena itu nantinya wali kota yang baru dapat melengkapinya," ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan akan terus fokus meningkatkan bidang pendidikan dan pembangunan infrastruktur, penanganan banjir, serta pengelolaan sampah menjelang masa akhir jabatannya.

"Kota Palembang dengan jumlah penduduk 1,6 juta jiwa ini membutuhkan sentuhan pembangunan infrastruktur berkelanjutan dan merata guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mensejahterakan rakyat," kata Harnojoyo.