Anggota DPR dorong perluasan sambungan listrik rumah di Kabupaten Banyuasin

id sambungan listrik banyuasin,bantuan pemasangan listrik,listrik rumah tangga

Anggota DPR dorong perluasan sambungan listrik rumah di Kabupaten Banyuasin

Anggota Komisi VII DPR RI Yulian Gunhar didampingi Bupati Banyuasin Askolani Jasi meresmikan penyalaan pertama sambungan listrik rumah tangga dalam Program Bantuan Pasang Baru Listrik di Desa Pangkalan Benteng, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, Jumat (9/12/2022). (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Sumatera Selatan (ANTARA) - Anggota Komisi VII DPR RI Yulian Gunhar mendorong perluasan sambungan listrik rumah tangga melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik di Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

"Di antaranya, di Banyuasin ini disiapkan 10.000 sambungan listrik. Targetnya terpasang tahun 2023," kata anggota Komisi VII DPR RI Yulian Gunhar pada Jumat, usai peresmian Program Bantuan Pasang Baru Listrik di Desa Pangkalan Benteng, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin.

Ia menekankan pentingnya pendataan untuk mempercepat pelaksanaan program bantuan pemasangan sambungan listrik rumah tangga dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan PT PLN serta memastikan program tepat sasaran.

"Mudah-mudahan tidak ada lagi masyarakat yang tidak memiliki sambungan listrik, itu tujuan kita," kata Yulian, didampingi Bupati Banyuasin Askolani Jasi.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu Saleh Siswanto menyatakan bahwa perusahaan siap merealisasikan target pemasangan sambungan listrik rumah tangga sesuai yang diusulkan.

"Kami siap melaksanakan amanah 10.000 sesuai yang diusulkan, yang terpenting adalah pendataannya, supaya tepat sasaran," kata dia.

Menurut dia, PT PLN sudah menyelesaikan pemasangan 5.000 sambungan listrik rumah tangga di tujuh kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Selatan pada 2022.

Sasaran pemasangan sambungan listrik rumah tangga tahun 2022 tersebar di Lubuk Linggau, Palembang, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Ogan Ilir, dan Ogan Komering Ulu Timur.

"Untuk Banyuasin di 2022 ini ada 1.131 sambungan listrik, menyasar 10 kecamatan setempat, dan sudah direalisasikan," kata Saleh.

Ia menjelaskan, secara keseluruhan PT PLN menetapkan kuota pemasangan 83 ribu sambungan listrik rumah tangga pada 2023. Kuota tersebut lebih banyak dibandingkan dengan kuota tahun 2022 sebanyak 80 ribu sambungan listrik rumah tangga.

Layanan gratis pemasangan sambungan listrik rumah tangga melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik mencakup bantuan pemasangan sambungan listrik rumah tangga dengan daya 450 Volt Ampere (VA), tiga lampu, dan satu stopkontak berikut pulsa token listrik pertama.