Pemkot Palembang galakkan program KB imbangi bonus demografi

id Pemkot Palembang, galakkan KB, program kb, kb, kb imbangi bonus demografi, bonus demografi, ledakan penduduk

Pemkot Palembang galakkan program KB imbangi bonus demografi

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda. ANTARA/Yudi Abdullah

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya menggalakkan kesadaran warga setempat mengikuti program keluarga berencana (KB) untuk mengimbangi ledakan penduduk dan memanfaatkan potensi bonus demografi.

"Kesadaran warga untuk mengikuti program KB perlu digalakkan karena manfaatnya cukup besar dapat menekan laju pertumbuhan penduduk dan meningkatkan kesejahteraan," kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, di Palembang, Rabu.

Ia mengatakan, untuk meningkatkan kesadaran warga mengikuti program KB, petugas Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Palembang didorong turun ke kawasan permukiman penduduk melakukan sosialisasi program dan pelayanan KB.

Selain itu, menurut dia, perlu melakukan edukasi mengenai manfaat mengikuti program KB seperti bisa menekan angka kematian ibu dan bayi akibat hamil di usia yang terlalu muda atau terlalu tua, dan akibat penyakit sistem reproduksi, katanya.

Dia menjelaskan, program KB pada masa pandemi COVID-19 dua tahun terakhir berjalan sesuai target dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

"Sebagai gambaran program sejuta akseptor yang dicanangkan pemerintah pada tahun lalu bisa tercapai sesuai target 100 persen," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Palembang Edwin Effendi menambahkan dalam kondisi pandemi COVID-19 ini, pihaknya tetap berupaya menjalankan program KB seperti biasanya dengan menerapkan prokes secara ketat.

Untuk melakukan pelayanan KB kepada warga yang tersebar di 18 kecamatan, pihaknya berupaya mengembangkan "Kampung KB" dan mengoptimalkan fungsi Puskesmas di sekitar permukiman penduduk, kata Edwin.