DKI Jakarta pimpin puncak klasemen medali Fornas VI 2022

id Klasmen Fornas VI Sumsel, medali DKI Jakarta Fornas Sumsel

DKI Jakarta pimpin puncak klasemen medali Fornas VI 2022

Suasana juri sedang menilai penampilan peserta Fornas VI dalam pertandingan induk olahraga Yayasan Jantung Indonesia kategori senam jantung sehat di Gedung Dharmawanita BKOW Palembang, Sumatera Selatan, Senin (4/7/2022) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P/22)

Sumatera Selatan (ANTARA) - Kontingen Provinsi DKI Jakarta memimpin puncak klasemen medali dalam Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VI Sumatera Selatan tahun 2022 dengan selisih yang cukup jauh meninggalkan 34 daerah lainnya.

Sekretaris Jendral Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Sumsel Eko di Palembang, Senin mengatakan, DKI Jakarta sementara ini berada di peringkat pertama dengan jumlah raihan medali sebanyak 77 buah yang didapat dari beberapa pertandingan eksebisi dan induk olahraga dan sejak Jumat (1/7) hingga Senin (4/7) sore.

Baca juga: Sumsel peringkat keempat ungguli Banten dalam Fornas VI 2022

Kontingen dari ibu kota negara tersebut berhasil mendapatkan medali emas sebanyak 33 buah yakni lima dari pertandingan eksebisi (sepeda BMX dan Orientering) dan 27 buah dari induk olahraga (Tabletop, Dong Yue Taichi, Pencak Silat Budaya, Taijiquan, Gateball, Olahraga Tradisional Ketapel, Praktisi Yoga dan Senam Tera, Airsofter).

Baca juga: Ditjen AHU hadirkan perseroan perorangan dan 'apostille' di Kota Palembang

Selanjutnya medali perak sebanyak 21 buah yakni tiga dari pertandingan eksebisi (sepeda BMX dan Orientering) dan 18 induk olahraga (Tabletop, Pencak Silat, Budaya, Taiji Quan, Airsofter, Gateball, Olahraga Tradisional Ketapel, Praktisi Yoga dan Senam Tera).

Kemudian untuk medali perunggu sebanyak 25 buah yakni lima buah pertandingan eksebisi (sepeda BMX dan Orientering) dan 20 buah induk olahraga (Bina Raga dan Fisik, Senam Jantung Sehat, Tulang Sehat, Tabletop, Pencak Silat, Budaya, Taiji Quan, Airsofter, Gateball, Praktisi Yoga dan Senam Tera).

Baca juga: Fornas VI Sumsel tahun 2022 resmi dibuka

"Raihan medali ini masih sementara kita lihat nanti," kata dia, masih ada sisa beberapa pertandingan yang bakal berlangsung dari 55 induk olahraga dan 10 pertandingan eksebisi hingga acara berakhir pada 7 Juli 2022.

Peringkat kedua perolehan medali Fornas VI ditempati oleh kontingen Provinsi Jawa Barat dengan raihan total medali 63 buah (23 emas, 21 perak dan 25 perunggu).

Peringkat ketiga kontingen Provinsi Jawa Timur total 50 buah (17 emas, 22 perak, dan 11 perunggu).

Kontingen dari Sumsel selaku tuan rumah sementara masih berada di peringkat keempat dengan total medali sebanyak 46 buah (13 emas, 18 perak dan 15 perunggu).