Ketapel dan pembukaan Fornas VII 2023 di Jawa Barat

id fornas vii 2023,pembukaan fornas 2023

Ketapel dan  pembukaan Fornas VII 2023 di Jawa Barat

Kiri ke kanan: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menpora Dito Ariotedjo, Bupati Bandung Dadang Supriatna, dan Ketua Kormi Pusat Hayono Isman menyapa hadirin dalam upacara pembukaan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) ke-VII Jawa Barat di Stadion Si Jalak Harupat, Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Minggu (2/7/2023) malam. (ANTARA/HO Pemkab Bandung)

Bandung (ANTARA) - Perhelatan pegiat olahraga rekreasi resmi digelar.

Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VII 2023 dibuka secara resmi dengan ditandai lontaran ketapel oleh beberapa tokoh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat malam.

Lontaran ketapel itu dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua KORMI Hayono Isman, Bupati Bandung Dadang Supriatna, dan Ketua KORMI Jawa Barat Denda Alamsyah.

Menko PMK Muhadjir Effendy dalam sambutannya menjelaskan tentang olahraga nasional, yaitu pertama olahraga pendidikan yang diselenggarakan dalam rangka untuk membentuk karakter, membentuk jiwa sportivitas, membentuk jiwa kedisiplinan.

"Yang kedua adalah olahraga masyarakat. Saat ini, kita sedang melaksanakan olahraga masyarakat. Tujuannya untuk menjaga agar masyarakat hidup sehat," katanya.

Kemudian yang ketiga yaitu olahraga prestasi yang selama ini telah dilaksanakan dengan banyak prestasi di semua level.

"Baik di level nasional, regional, sampai di tingkat internasional," ujarnya.

Selama ini, menurut Muhadjir, yang tidak terlalu dikenal adalah olahraga masyarakat, oleh karena itu, momentum Fornas VII ini adalah momentum yang strategis dalam rangka untuk memasyarakatkan, menggelorakan olahraga masyarakat.

"Selamat bertanding kepada para peserta Fornas VII, jaga sportivitas dan solidaritas," katanya.