Dana penanganan COVID-19 di Kota Palembang baru terserap Rp25 miliar

id dana covid-19,dana covid-19 palembang ,covid-19 palembang,wali kota palembang harnojoyo,pemkot palembang,penanganan covi

Dana penanganan COVID-19 di Kota Palembang baru terserap Rp25 miliar

Wali Kota Palembang Harnojoyo. ANTARA/HO-Pemkot Palembang

Palembang (ANTARA) - Alokasi dana penanganan COVID-19 Kota Palembang, Sumatera Selatan, sementara ini terserap Rp25 miliar dari senilai total Rp480 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) Kota Palembang Zulkarnain di Palembang, Minggu, mengatakan, penyerapan dana itu terjadi dalam dua bulan yang sebagian besar untuk penanganan di bidang kesehatan.

"Palembang sudah alokasikan Rp480 miliar itu untuk tiga bulan, tapi dalam dua bulan baru terserap Rp25 miliar," kata dia.

Ia mengatakan pemkot sudah membagi total anggaran penanganan COVID-19 tersebut di sejumlah bidang yakni bidang kesehatan Rp269 Miliar, bidang ekonomi Rp150 miliar dan jaring pengamanan sosial Rp61 miliar.

"Kemungkinan besar pada Juni ini akan banyak terjadi penyerapan karena ini masuk bulan ketiga, lagi pula dana ini dialokasikan juga hingga tiga bulan berikutnya," kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo meyakini anggaran yang telah disiapkan tersebut bakal mencukupi kebutuhan Kota Palembang selama menghadapi pandemi virus corona.

"Tinggal diserap saja sesuai dengan perencanaan untuk tiga bulan ke depan," kata dia.

Meski dana yang tersedia belum terserap maksimal, Harnojoyo tak membantah bahwa pemkot juga mengajukan usulan bantuan penanganan COVID-19 ke Pemprov Sumsel senilai Rp50 miliar.

"Suratnya juga sudah kita ajukan," kata dia.