Danrem: Rekrutmen anggota TNI AD tidak dipungut biaya

id penerimaan tni,calon prajurit tni,Kolonel Arh Elphis Rudy,penerimaan Calon Tamtama,Prajurit Karier TNI AD Gelombang I,berita sumsel, berita palembang

Danrem: Rekrutmen anggota TNI AD tidak dipungut biaya

Arsip- Prajurit mengikuti upacara1. (ANTARA Sumsel/Feny Selly//I016)

Jambi (ANTARA) - Komandan Korem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy, menegaskan dalam seleksi penerimaan Calon Tamtama (Cata) Prajurit Karier TNI AD Gelombang I tahun 2019 ini hingga pendidikan nanti tidak dipungut biaya atau gratis.

"Rekrutmen anggota TNI AD, baik Tamtama, Bintara maupun Sepa PK dan Akademi TNI, semua itu tidak dipungut biaya karena sudah ditanggung oleh negara," kata Elphis Rudy di Jambi, Senin.

Maka dari itu para calon siswa maupun orang tua jangan tertipu apabila ada orang yang menjanjikan bisa meluluskan. Karena lulus tidaknya calon siswa tergantung dari calon itu sendiri bukan orang lain.

Danrem mengatakan seleksi awal Cata Pk Reg Gel I TA 2019 ini ditujukan untuk mendapatkan calon prajurit tamtama TNI AD yang mempunyai kondisi kesehatan yang baik, fisik yang prima serta mental yang dapat diandalkan sebagai prajurit TNI.

Seleksi dilakukan tahap demi tahap secara terpadu oleh kepanitiaan penerimaan calon tamtama prajurit karier tahun 2019.

"Seleksi dimulai hari ini Jumat (1/3) kemarin sampai empat belas hari ke depan diawali dari pemeriksaaan kelengkapan admnistrasi, kesehatan terbatas, jasmani (postur dan parade). Semua tahap tersebut dilaksanakan di wilayah Korem 042/Gapu. Sedangkan untuk seleksi selanjutnya pada tingkat pusat akan dilaksanakan di Rindam II/Sriwijaya," kata Danrem.

Kepala Ajenrem 042/Gapu Mayor Caj M Wachid, mengatakan sebanyak 320 pemuda se-Provinsi Jambi mengikuti pelaksanaan seleksi penerimaan calon tamtama prajurit karier TNI AD Gelombang I tahun 2019 yang dipusatkan di balai Prajurit, Makorem 042/Garuda Putih.

Pemeriksaan (Rik) Uji Awal Cata Pk Reg. Gel I TA 2019 Sub Panda Jambi yakni mulai dari rik uji adiministrasi, kesehatan dan postur, pada Jumat-Sabtu dan Senin, tanggal 1-2 dan 4 Maret 2019 di Balai Prajurit Korem 042/Gapu.

Untuk tes jasmani digelar pada 5-6 Maret di lapangan KONI Jambi, lanjut untuk tes Mental Ideologi (MI) dilaksanakan hari Jumat dan Senin, 8 dan 11 Maret di Makorem 042/Gapu. Sedangkan untuk parade dilaksanakan Jumat 15 Maret mendatang di Balai Prajurit Makorem 042/Gapu.

"Bagi yang lulus Sub Panda Jambi akan diberangkatkan ke Dodik Secata Rindam II/Sriwijaya Lahat untuk mengikuti seleksi tingkat pusat pada hari Minggu, 24 Maret 2019," kata Mayor Wahid.