Potensi Kelapa Kabupaten Banyuasin Menjanjikan

id kelapa dalam, ekspor kelapa, kelapa, potensi kelapa banyuasin, tanaman kelapa, ekspor kelapa

Sejumlah pekerja menyeberangkan buah kelapa dalam melalui sungai yang akan diangkut menuju dermaga Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin, Sumsel, Rabu (11/12). (ANTARA Sumsel/13/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Potensi kelapa dalam di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan sangat menjanjikan karena tanaman tahunan itu akan memberikan nilai tambah bagi pendapatan masyarakat di daerah pemekaran Musi Banyuasin tersebut.

Bahkan mata dagangan kelapa kabupaten tersebut telah dieskpor ke luar negeri, kata Kepala Dinas Perdagangan Sumsel Agus Yudiantoro di Palembang, Rabu.

Dia mengatakan, berdasarkan data rata- rata setiap hari puluhan kontainer kelapa  Banyuasin itu dikirim keluar negeri.

Sementara mengenai hasil kelapa yang dijual keluar negeri tersebut hampir mencapai Rp1 triliun pertahun, kata dia.

Sehubungan itu potensi tersebut sangat menjanjikan dalam meningkatkan perekonomian rakyat.

Oleh karena itu pihaknya akan mengoptimalkan produksi kelapa yang mayoritas tumbuh di pesisir sungai di Banyuasin tersebut, ujar dia.

Dia mengatakan, selain itu pihaknya akan memberdayakan pengolaan kelapa yang menjadi andalan bagi masyarakat Banyuasin tersebut.

Bila produksi dan pengelolaan kelapa dilaksanakan secara baik maka masyarakat semakin bergairah dalam menanam tanaman itu, kata dia.

Apalagi kelapa merupakan tanaman dapat dijadikan berbagai kebutuhan rumah tangga seperti minyak, dan bahan baku makanan lainnya, ujar Kadis.

Dia mengatakan, bukan itu saja tetapi kelapa dapat dijadikan santan untuk bumbu dapur.

Oleh karena itu potensi yang menjanjikan itu harus terus dikembangkan terutama untuk meningkatkan perekomian masyarakat, kata dia.

Kelapa memang dapat tumbuh diberbagai daerah, namun yang lebih dominan di daerah pesisir, tambah dia.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar