Deutsch bank:Momentum perbaikan ekonomi harus terjaga

id Chief Country Officer Deutsch Bank, Kunardy Lie, pelaku pasar, unjuk rasa, momentum perbaikan ekonomi , ekspektasi pasar, iklim berusaha dalam jangk

Deutsch bank:Momentum perbaikan ekonomi harus terjaga

Deutsch bank (Antarasumsel.com/Reuters)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Chief Country Officer Deutsch Bank Kunardy Lie mengharapkan aksi unjuk rasa pada 4 November 2016 tidak membuat resah pelaku pasar, karena momentum perbaikan ekonomi harus terus terjaga.

"Kondisi saat ini telah sesuai dengan ekspektasi pasar, dan stabilitas yang dibangun harus terjaga," kata Lie dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Lie menyakini aksi unjuk rasa yang akan berlangsung tersebut akan berlangsung aman dan damai, sesuai harapan para investor yang saat ini memiliki kesan positif terhadap ekonomi Indonesia.

Namun, ia mengingatkan apabila demonstrasi yang dilakukan berakhir rusuh dan memicu kekacauan, akan sedikit berpengaruh kepada keyakinan pelaku pasar terhadap iklim berusaha dalam jangka pendek.

"Kalau terjadi sebaliknya, bisa mempengaruhi pelaku pasar. Tapi dari pembicaraan dengan para klien multinasional kami di Indonesia, mereka menyakini kondisinya akan berjalan dengan baik," kata Lie.

Menurut Lie, prospek ekonomi Indonesia dalam jangka panjang sangat baik, apalagi hal ini telah didukung oleh perbaikan rangking kemudahan berusaha dari sebelumnya pada posisi 106 menjadi 91.

"Momentum pembenahan ekonomi sudah terjadi dengan perbaikan ranking kemudahan berusaha dan ini harus dilakukan agar optimisme investor tidak turun, meski terdapat tekanan," katanya.

Saat ini, secara keseluruhan, Lie memastikan investor asing yang berusaha di Indonesia memiliki rasa optimistis dan puas atas upaya pemerintah dalam memperbaiki daya saing.