Sekdaprov Sumsel: kades manfaatkan dana untuk kemakmuran

id mukti sulaiman, sekda sumsel, dana bantuan desa, kepala desa di sumsel

Sekdaprov Sumsel: kades manfaatkan dana untuk kemakmuran

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Mukti Sulaiman (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Mukti Sulaiman minta kepada seluruh kepala desa di daerah itu supaya memanfaatkan dana desa bantuan pemerintah pusat untuk kemakmuran warga.

Dana desa bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, kata Sekda pada acara seminar mewujudkan pengelolaan keuangan dan aset desa di Palembang, Kamis.

Menurut dia, dana desa harus dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat lebih utama supaya bermanfaat, dan apa yang menjadi sekala prioritas harus diutamakan.

Dia mengatakan, dana desa yang dikucurkan tahun ini jumlahnya cukup besar yang tujuannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, sehingga penggunaannya harus sesuai kebutuhan.

Jadi dana desa harus dimanfaatkan sesuai kondisi desa apakah untuk membangun dan memperbaiki jalan, jembatan atau air bersih dan dilakukan secara transparan supaya masyarakat mengetahui kegunaanya.

Oleh karena itu, Sekda mengingatkan, kepala desa (Kades) harus bekerja keras dan bermusyawarah dengan atasan dan bawahan terkait dengan penggunaan dana desa supaya tepat sasaran.

Begitu juga pendamping desa harus bersinergi dengan kepala desa supaya dana dari pusat itu dapat digunakan sesuai rencana, kata dia.

Tugas pendamping harus membina dan mengarahkan sehingga bantuan pemerintah pusat itu dapat digunakan lebih efektif, tambah dia.