BKBPP OKU akan luncurkan mobil KB keliling

id kb, mobil kb keliling

BKBPP OKU akan luncurkan mobil KB keliling

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional(BKKBN) ( Antarasumsel.com/logo/Ist)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Badan Keluarga Bercana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan meluncurkan mobil khusus Keluarga Berencana keliling guna lebih meningkatkan jumlah akseptor program KB terutama masyarakat di tingkat pedesaan.
    
Kepala Badan Keluarga Bercana dan Pemberdayan Perempuan (BKBPP) Ogan Komering Ulu (OKU) H Husni Thamrin di Baturaja, Minggu mengatakan bahwa mobil keluarga berencana (KB) Keliling itu sendiri merupakan bantuan yang diberikan oleh pemerintah provinsi Sumatera Selatan melalui APBD 2015.

Ia berharap, tahun depan Kabupaten OKU akan mendapatkan bantuan mobil KB keliling, karena pihaknya sudah dua kali mengusulkan ke BKBPN Provinsi Sumsel dan tahun 2015 baru bisa direalisasikan.

Dikatakan Husni, dengan mobil KB keliling tersebut, tentunya akan mempermudah kinerja para petugas penyuluh dalam mensosialisasikan program keluarga berencana hingga ke tingkat masyarakat yang ada di pedesaan.

"Selama ini penyuluhan program KB lebih difokuskan kepada masyarakat perkotaan, karena minimnya sarana dan prasarana dimiliki BKBPP OKU," katanya.

Menurut dia, nantinya akan ada kegiatan tertentu yang berkaitan dengan penyuluhan, bisa langsung gunakan mobil keliling KB tersebut.

Selain itu, lanjut Thamrin, mobil tersebut nantinya juga akan dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa langsung melakukan tindakan sekaligus memberikan contoh tentang penggunaan KB terhadap masyarakat.
"Dengan mobil tersebut dimungkinkan nantinya selain memberikan penyuluhan, bisa juga digunakan untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat seperti pelayanan KB suntik maupun jenis KB lain" katanya.
(E Permana)