Pemkot Lubuklinggau anggarkan dana pendidikan gratis

id lubuklinggau, pemkot lubuklinggau anggarakan dana pendidikan gratis

Pemkot Lubuklinggau anggarkan dana pendidikan gratis

Pemerintah Kota Lubuk Linggau (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, mengalokasikan anggaran sebesar Rp4,4 miliar untuk biaya pendidikan gratis.

Dana sebesar itu dianggarkan dalam APBD 2014 khusus untuk prioritas 65 sekolah swasta, kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau Abdillah Matcik, Senin.

Ia mengatakan, selama ini dana pendidikan gratis itu dipriortaskan pada sekolah negeri, namun mulai 2014 dialokasikan untuk sekolah swasta.

Sekolah swasta yang akan mendapatkan dana pendidikan gratis itu mulai dari tingkat sekolah dasar (SD)/MI, SMP/Mts hingga tingkat SMA/MA/SMK.

Informasi dana bantuan itu, didapat dari Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset (DPPKA) setempat bahwa alokasi dana bantuan itu sudah tersedia.

Namun pihaknya bersama Kementerian Agama setempat selama ini belum mengajukan usulan kebutuhan dana pendidikan gratis tersebut, sehingga pihak Pemda Kota Lubuklinggau belum bisa mencairkan dana itu, ujarnya.

Kepala DPPKA Kota Lubuklinggau Imam Senen melalui Humas Nurussulhi Nawawi mengatakan, pihaknya masih menunggu usulan dari Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama setempat untuk mencairkan dana bantuan itu.

Dana pendidikan gratis itu idealnya disalurkan pada awal triwulan 2014, tapi kebutuhan dari Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama belum diusulkan ke DPPKA, maka pencaiarannya belum bisa dilakukan.

Anggaran yang dikucurkan tersebut termasuk pos anggaran bantuan operasional daerah, sehingga tidak ada lagi sekolah yang memungut iuran dari wali siswa, jelasnya.