Kejuaraan Triathlon Sumsel masuk agenda dunia

id Ketua harian koni sumsel, aidit aziz, triathlon, kejuaraaan dunia triathlon

Kejuaraan Triathlon Sumsel masuk agenda dunia

Aidit Aziz (Foto Antarasumsel.com/13/Dolly)

....Tidak menutup kemungkinan peserta dari negara-negara Eropa akan berdatangan juga karena pada 2010 terdapat perwakilan dari Rusia, Prancis dan Jerman....
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Kejuaraan triathlon di Palembang, Sumatera Selatan yang dijadwalkan pada 28 Maret 2013 ditetapkan masuk agenda resmi federasi dunia "International Triathlon Union".

"Sumsel telah menerima jawaban resmi dari International Triathlon Union (ITU) beberapa hari lalu, berupa telah dimasukkannya dalam agenda resmi tingkat dunia. Berdasarkan keputusan itu maka penyelenggara memiliki izin menyebarkan undangan ke sejumlah negara," kata Ketua Harian KONI Sumatera Selatan Aidit Aziz di Palembang, Sabtu.

Panitia penyelenggara akan membuka pendaftaran peserta pada awal Febuari dengan terlebih dahulu menyebarkan undangan ke seluruh negara Asia Tenggara, dan sejumlah negara Asia, Amerika, dan Eropa.

Antusias peserta diperkirakan cukup tinggi terutama dari negara Asia Tenggara dan Asia berdasarkan pengalaman saat menyelenggarakan kejuaraan serupa pada tahun 2010.

"Tidak menutup kemungkinan peserta dari negara-negara Eropa akan berdatangan juga karena pada 2010 terdapat perwakilan dari Rusia, Prancis dan Jerman," katanya.

Ia tidak menampik, rasa optimistis itu lantaran menjadi tuan rumah SEA Games XXVI tahun 2011.

"Nama Sumsel tentunya sudah dikenal di dunia internasional, apalagi setelah SEA Games tetap aktif menggelar ajang skala dunia. Bisa jadi jumlah peserta akan bertambah cukup signifikan dibandingkan sebelumnya," ujarnya.

Menjelang pelaksanaan ajang terbuka kelas dunia itu, pihaknya fokus menyiapkan arena pertandingan di Kompleks Olahraga Jakabaring.

Kejuaraan yang mempertandingkan tiga cabang olahraga sekaligus (renang, lari, dan balap sepeda) itu nantinya akan memanfaatkan Danau Jakabaring yang juga digunakan pada Kejuaraan Dunia Ski Air dan Wakeboard pada November 2012.

"Danau akan dibersihkan dan dijernihkan airnya sehingga para peserta yang akan berenang tidak kesulitan," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumsel, Syaidina Ali menambahkan, jumlah peserta diperkirakan mencapai 500 orang karena mempertandingkan tiga kretaria, yakni atlet triathlon tingkat Asia dan dunia, atlet triathlon dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) se-Indonesia. Kemudian atlet dari tentara se-Asean, serta atlet triatlhon junior se-Indonesia.

"Kejuaraan ini rencananya akan diberi nama "South Sumatera Internastional Triathlon Champ 2013", dengan memperebutkan total hadiah 125 ribu dolar Amerika," ujarnya.

Kejuaraan ini direncanakan mempertandingkan tiga kategori seperti triathlon (renang, lari, sepeda), aquathlon (renang dan lari) dan duathlon (renang dan sepeda). (Dolly)