Pelukan ibu berperan meningkatkan kecerdasan anak

id pelukan, kecedasan anak

Pelukan ibu berperan meningkatkan kecerdasan anak

Anak-anak tampak ceria bermain dan mendapat perhatian dari ibu serta kasih sayang keluarga. (FOTO antarasumsel.com/Yudi Abdullah/12)

...Pelukan dapat merangsang hormon oksitosin yang mampu memberikan perasaan tenang pada seseorang...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Jangan anggap sepele sebuah pelukan, karena pelukan ternyata memiliki peran serta dalam meningkatkan kecerdasan anak.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Subbidang Pemeliharaan dan Peningkatan Kemampuan Intelegensia Anak dari Pusat Intelegensia Kementerian Kesehatan RI, dr. Gunawan Bambang Dwiyanto, pada sebuah seminar mengenai pendengaran dan kejiwaan anak di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan bahwa sebuah pelukan dapat merangsang hormon oksitosin yang mampu memberikan perasaan tenang pada seseorang dan dapat mengurangi racun dari zat derifat glutamat di otak.

"Zat ini terpicu saat seseorang mengalami stres yang menyebabkan adrenalinnya meningkat dan berujung pada penyempitan kapasitas otak," ujarnya kepada ANTARA News.

Penyempitan kapasitas otak mengakibatkan individu, khususnya anak-anak, akan terganggu fungsi intelegensia, perilaku, dan mentalnya, jelas Gunawan.

Gunawan menjelaskan, adrenalin yang meningkat menyebabkan sel otak membesar sehingga pada akhirnya mati. Sel mati ini lalu tergantikan oleh sel-sel muda yang mengeluarkan derifat glutamat.

"Nah, derifat glutamat inilah yang menjadi racun di otak dan menyebabkan penyempitan kapasitas otak," kata Gunawan.(ANT-M048)