Puluhan peserta Sekolah Lansia Tangguh Muba diwisuda

id Lansia, muba, sekolah lansia tangguh, tanghuh, pkk muba, peduli lansia bekali lansia, sejahterakan lansia,Musi banyuas

Puluhan peserta Sekolah Lansia Tangguh Muba diwisuda

Wisuda peserta Sekolah Lansia Tangguh Musi Banyuasin (ANTARA/HO/Diskominfo Muba)

Palembang (ANTARA) - Puluhan orang lanjut usia (lansia) peserta Sekolah Lansia Tangguh Panca Sona Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, diwisuda setelah mengikuti pendidikan dan pembekalan keterampilan selama enam bulan sejak Mei hingga Oktober 2024.

"Sekolah lansia tangguh adalah salah satu program unggulan yang didedikasikan untuk meningkatkan kualitas hidup para lansia di Bumi Serasan Sekate ini," kata Penjabat (Pj) Ketua PKK Musi Banyuasin Triana Sandi Fahlepi di Sekayu, Kamis.

Dia menjelaskan selama enam bulan mengikuti pendidikan non formal itu para lansia diberikan pelatihan tentang kesehatan, keagamaan, dan sosial budaya. Melalui kegiatan itu, kata dia, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan perilaku lansia agar tetap sehat dan sejahtera.

Para lansia, lanjutnya, diharapkan pula dapat tetap aktif, mandiri, dan berdaya di usia lanjut, serta bisa hidup bahagia dan sejahtera. Kemudian berkemampuan beradaptasi terhadap proses penuaan secara positif, sehingga bisa mendapatkan masa tua yang berkualitas dalam lingkungan yang nyaman sehat secara fisik, sosial, dan mental.

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan wujud nyata dari komitmen Pemkab bersama PKK Musi Banyuasin dalam mewujudkan masyarakat yang lebih baik, khususnya dalam memberikan perhatian dan dukungan kepada para lansia

"Saya merasa bangga dan terharu melihat semangat para lansia yang telah mengikuti seluruh proses pendidikan dengan tekun dan antusias. Wisuda ini bukan hanya sekadar seremonial, melainkan bukti bahwa usia bukanlah penghalang untuk terus belajar dan berkembang," ujar Triana Sandi.