Pj Bupati Banyuasin tinjau lokasi proyek normalisasi sungai

id sumsel. banyuasin, proyek normalisasi sungai

Pj Bupati Banyuasin tinjau lokasi proyek normalisasi sungai

Penjabat Bupati Banyuasin, H Hani Syopiar Rustam didampingi oleh Kepala Dinas PUPR Banyuasin Apriansyah, MM meninjau beberapa titik pengerjaan yang sedang berjalan oleh Dinas PUPR Banyuasin. (ANTARA/HO/Diskoinfo)

Banyuasin, Sumsel (ANTARA) - Penjabat Bupati Banyuasin, H Hani Syopiar Rustam didampingi oleh Kepala Dinas PUPR Banyuasin  Apriansyah, MM meninjau beberapa titik pengerjaan yang sedang berjalan oleh Dinas PUPR Banyuasin.

Peninjauan ini berlangsung dititik pertama di Kelurahan Sukajadi, Komplek Mutiara Regency, titik kedua sekitar aliran sungai Kecamatan Tanah Mas dan titik terakhir aliran Sungai Gasing, Komplek Al-Ghony, Kelurahan Tanah Mas Indah, Sabtu (1/06/2024).

Peninjauan akan terus dilakukan selama pengerjaan normalisasi aliran sungai dilakukan agar pekerjaan dapat berjalan dengan tepat dan akurat untuk kepentingan masyarakat Banyuasin agar mendapatkan kenyamanan terutama di musim penghujan.

Pj Bupati Banyuasin Hani S Rustam menyatakan bahwa pengerjaan untuk normalisasi Sungai Gasing telah diinstruksikan kepada Dinas PUPR dan telah dilakukan pengerukan serta pembersihan aliran sungai.

“Untuk itulah, saya hadir, meninjau pengerjaannya agar tidak ada aliran yang tersumbat di Sungai Gasing, ” jelasnya.

“Saat mendengar laporan di Mutiara Regency yang berada di pinggir aliran sungai kelurahan Sukajadi, jelas sekali saya lihat sudah ada pengikisan dan kemiringan tekstur tanah karena sering digenangi air sungai saat hujan deras datang. Tentu ini tidak bisa kita diamkan, harus segera kita lakukan perbaikan dan pencegahan, ” tegas Suami Hj Merry.

Masih kata Hani, melihat pengerjaan penanggulangan banjir lancar dan tepat maka ditinjau kembali agar hasilnya maksimal. Ada 3 titik yang telah ditinjau, titik terakhir di Kelurahan Tanah Mas Indah. Jelas sekali hasil dari pengerukan sedimen yang lama, biasanya banjir sangat tinggi dan sekarang sudah tidak terlalu terdampak.

Pengerukan sedimen terus akan dilakukan dan akan dilakukan Program Kali Bersih kedepan. Pemerintah Kabupaten Banyuasin hadir untuk melayani masyarakat demi terwujudnya Banyuasin Berkelanjutan, Iman, Layak, Aman dan Maju.

Rasa terima kasih diungkapkan oleh Lurah Tanah Mas Indah, Saidan Jauhari menjelaskan bahwa setelah dilakukan normalisasi sungai, banjir yang biasanya tinggi sekarang jadi terbebas banjir.

“Terima Kasih kepada Pemerintah Kabupaten Banyuasin telah memberikan perhatian kepada warga Tanah Mas Indah, ” ucapnya.

Ucapan yang sama pun disampaikan oleh warga komplek Mutiara Resident Kelurahan Sukajadi kepada Pemerintah Kabupaten Banyuasin atas pengerukan aliran Sungai Gasing. Sungai jadi bersih dan aliran Sungai jadi lancar, mengurangi intensitas air naik ke pemukiman, jelas Harnani.