Sejumlah TPU di Palembang dikunjungi peziarah saat Lebaran

id Ziarah di Palembang,Lebaran di Palembang,Idul Fitri di Palembang

Sejumlah TPU di Palembang  dikunjungi peziarah saat Lebaran

Sejumlah TPU di Palembang dikunjungi peziarah saat lebaran, Rabu (10/4/2024). (ANTARA/ M Imam Pramana)

Palembang (ANTARA) -
Sejumlah Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), dikunjungi peziarah saat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024.
 
Menurut beberapa warga Palembang, Rabu, tradisi berziarah sudah menjadi kebiasaan setiap tahun di Kota Palembang untuk mengobati kerinduan bersama keluarga yang telah meninggal dunia.
 
Ziven, seorang warga yang ditemui di kawasan TPU Keramasan, Kertapati, Kota Palembang, Rabu, mengatakan setiap tahun mereka melepas rindu dengan keluarga ang sudah meninggal. Ia mengajak anak-anak dan juga keluarga untuk berziarah.
 
"Lebaran kali ini juga menjadi momentum untuk melepas kerinduan bersama keluarga yang telah meninggal dunia Jadi kami menyempatkan waktu di Lebaran pertama ini untuk berziarah," katanya.
 
Momentum ramainya peziarah tersebut juga dimanfaatkan beberapa warga untuk berjualan bunga tabur.
 
"Kami bersyukur momentum Lebaran ini, selain merayakan Lebaran, kami juga bisa meraih keuntungan melalui jualan bunga ini," ujar Lina, seorang pedagang bunga.
 
Menurutnya, ini kali ketiga ia berjualan di tengah-tengah makam saat Lebaran karena banyaknya peziarah yang menaburkan bunga saat berziarah. 
 
"Kami berjualan sampai Lebaran hari kedua biasanya, tapi melihat keadaan juga, apabila peziarah makin ramai pada Lebaran ketiga, kami akan berjualan sampai hari ketiga," katanya.